Sejarah Nasionalisme dan Westernisasi Turki Oleh Mustafa Kemal Pasha

admin April 25, 2012 5



Kepahlawanan Mustafa Kemal Pasha Bagi Nasionalisme Turki

Sama seperti halnya gerakan nasionalisme yang terjadi di Indonesia, gerakan nasionalisme Turki terlahir karena pengaruh paham bangsa Barat yang berkuasa di daerah koloni mereka. Bila gerakan nasionalisme bangsa Asia dan Afrika pada umumnya bertujuan untuk mencapai kemerdekaan, maka gerakan nasionalisme Turki bertujuan untuk menumbangkan sistem kekuasaan Kerajaan Turki Ustmani yang ortodoks. Satu nama yang tidak boleh kita lewatkan dalam sejarah nasionalisme bangsa Turki adalah Mustafa Kemal Pasha.

Prof. Dr. Achmad Syalabi dalam buku Sejarah Kebudayaan Islam Imperium Turki Ustmani, diterbitkan Kalam Mulia, menuliskan bahwa pada tahun 1906 Mustafa Kemal Pasha yang memperoleh pendidikan Barat mendirikan organisasi Pergerakan Turki Muda. Pergerakan Turki Muda adalah perkumpulan anak muda Turki yang memiliki kepedulian terhadap kondisi tanah air dan kemerdekaan bangsa Turki.

Pergerakan Turki Muda menuntut modernisasi negara Turki yang berkonstitusi serta pembaharuan di bidang sosial ekonomi. Pada tahun 1911 meletuslah Revolusi Turki Muda yang mendapat dukungan dari rakyat untuk menggulingkan Kerajaan Turki Ustmani. Revolusi Turki mendapat dukungan dari rakyat karena rakyat tidak setuju dengan model pemerintahan kerajaan otokrasi.

Modernisasi Turki Oleh Mustafa Kemal Pasha

Menurut Wikipedia, dibawah pimpinan Mustafa Kemal Pasha, gerakan Revolusi Turki mencapai keberhasilan pada tahun 1923 dengan menjadikan Turki sebagai negara republik yang bersifat modern. Mustafa Kemal Pasha terpilih menjadi pemimpin bangsa Turki yang pertama di era Turki modern.

Sejak Turki menjadi negara republik, sistem pemerintahan negara tersebut dibawa oleh Mustafa Kemal Pasha mengarah ke sistem pemerintahan ala negara Barat. Bahkan Mustafa Kemal Pasha bercita-cita membangun kehidupan masyarakat Turki dengan pola pikir Barat. Usaha yang dilakukan oleh Mustafa Kemal Pasha untuk memodernisasi bangsa Turki adalah sebagai berikut:

1. Membentuk Undang-undang Dasar Negara sesuai dengan konstitusi negara Barat.
2. Melaksanakan politik sekularisasi dengan ciri utama pemisahan kepentingan agama dan kepentingan negara.
3. Mengganti huruf Arab dengan huruf Latin dalam penulisan media cetak dan bidang informasi tertulis lainnya.
4. Melaksanakan politik etatisme, yaitu segala kegiatan ekonomi diatur dan diselenggarakan oleh negara.
5. Melaksanakan pembangunan dengan prioritas bidang pembangunan industri dasar dan perhubungan.

Berkat langkah-langkah modernisasi tersebut, negara Turki berkembang menjadi salah satu kekuatan baru bangsa Asia. Karena letak geografis negara Turki yang berada di perbatasan Asia dan Eropa, Turki tidak kesulitan membangun hubungan dagang dan industri dengan negara-negara di dua kawasan benua tersebut.

Pro dan Kontra Seputar Sosok Mustafa Kemal Pasha

Mustafa Kemal Pasha dijuluki sebagai Bapak Turki atas kesuksesannya memimpin nasionalisme bangsa Turki. Dalam bahasa setempat, dia bergelar Kemal Pasha Attaturk. Meski demikian, sosok Mustafa Kemal Pasha menimbulkan pro dan kontra di kalangan tokoh negarawan di Turki pada khususnya, dan negara-negara Arab pada umumnya. Silang pendapat tersebut terkait usaha-usaha yang telah dilakukan Kemal Pasha yang menyalahi tradisi bangsa Arab sejak era kekuasaan Turki Ustmani.

Bagi tokoh Turki yang telah mengenyam pendidikan ala Barat, mereka akan setuju dan mendukung langkah-langkah modernisasi yang diambil Kemal Pasha untuk negara Turki. Mereka berpandangan bahwa kemajuan suatu bangsa hanya dapat dicapai melalui jalan westernisasi, yaitu berpikir dan bertindak menurut budaya Barat. Budaya Barat tersebut terkait metode pendidikan, kerjasama antar negara, cara berpakaian, pergaulan masyarakat dan sejumlah aspek penting lain terkait kehidupan bernegara.

Sementara itu, bagi tokoh negarawan Turki yang konsisten mendukung pelaksanaan hukum Islam menurut tradisi yang digariskan oleh Turki Ustmani, Mustafa Kemal Pasha dianggap sebagai pengkhianat bagi perjuangan bangsa Turki itu sendiri. Dalam sejumlah jurnal ilmiah dinyatakan bahwa Mustafa Kemal Pasha menyimpang dari tujuan awal berdirinya negara Turki yang memegang teguh pelaksanaan ajaran Islam dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Ia dianggap menjual bangsa Turki untuk kepentingan negara-negara Barat.

Terlepas dari pro dan kontra yang mengiringi langkah Mustafa Kemal Pasha dalam era pergerakan nasionalisme di Turki, Kemal Pasha telah membawa era baru bagi bangsa Turki. Bangsa Turki saat ini lebih terbuka menerima budaya asing, terutama budaya Barat, walaupun secara tradisi mereka memeluk agama Islam. Langkah modernisasi Turki masih berlanjut dengan bergabungnya Turki sebagai kawasan baru Eropa, terlepas dari benua Asia, sejak dekade lalu.

Referensi Wikipedia: http://id.wikipedia.org/wiki/Mustafa_Kemal_Pasha

 

5 Comments »

  1. Kiagus MDA June 22, 2012 at 5:29 pm -

    Yang jelas sosok Mustafa Kemal sudah wafat, tentunya saat ini dia sudah merasakan akibat perbuatannya dihadapan Tuhan. tentu semua perlu kita ambil hikmah nya.

  2. sarboat May 27, 2012 at 4:14 pm -

    Mustafa Kemal Pasha itu Diktator, dia bagus dimata Zionis dan Amerika yg jelas sangat tidak suka dengan sistem Khalifah.. banyak korban sipil akibat kearoganan pemeritahannya..

  3. Refa May 27, 2012 at 6:44 am -

    ada yang nge link dari sini ternyata

  4. admin May 7, 2012 at 6:15 am -

    @somad : terima kasih, nanti kami akan memperbaiki artikelnya

  5. somad May 6, 2012 at 11:24 pm -

    sejarahnya kok jadi berubah….
    bukannya mustafa kemal itu penghianat turki …dan jangan disamakan dengan nasionalisme yang di indonesia…beda
    coba simak
    http://pondok24.wordpress.com/2010/03/03/meluruskan-sejarah-mustafa-kemal-attaturk-pahlawan-atau-pecundang/

    http://www.voa-islam.com/lintasberita/suaraislam/2010/10/25/11273/para-pengkhianat-islam-mustafa-kemal-pasha/

Leave A Response »