Home / pengetahuan umum / Kewarganegaraan / Musyawarah mufakat penting dalam mencari solusi

Musyawarah mufakat penting dalam mencari solusi

Musyawarah adalah suatu proses melakukan pembahasan terhadap masalah tertentu yang dihadapi oleh sekelompok orang. Tujuan musyawarah adalah untuj mencapai keputusan yang dapat berpengaruh bagi kepentingan bersama. Cara ini dilakukan untuk meraih kesepakatan bersama yang disebut sebagai mufakat. Dengan demikian mufakat adalah suatu kesepakatan yang diperoleh setelah dilakukan pembahasan dengan cara berunding secara bersama-sama. Jika digabungkan, maka musyawarah mufakat adalah suatu proses untuk membahas persoalan yang dihadapi bersama untuk mendapatkan solusi bagi kepentingan bersama.

Musyawarah mufakat penting dalam mencari solusi

Jika digunakan pola pemungutan suara, maka musyawarah sudah bukan mufakat lagi. Hal ini dikarenakan solusi yang dibahas di dalamnya menjadi tidak sesuai dengan prinsip mufakat. Suara terbanyak akan menjadi standar, sehingga akan tampak jelas adanya kelompok mayoritas dan kelompok minoritas. Pelaksanaan mufakat ini harus diikuti dengan itikad baik dengan cara berkomunikasi yang baik pula. Ini penting untuk menghindari adanya perbedaan pendapat yang berujung pada pertikaian jika tidak adanya itikad baik dari masing-masing peserta di dalamnya. Tujuan dalam mencapai suatu mufakat harus menjadi fokus utama karena mengacu pada tujuan pelaksanaan musyarawarah mufakat. Selain memberikan dampak positif, pelaksanaan musyawarah mufakat memiliki manfaat:

  • Dapat membantu orang atau banyak orang dalam menyikapi berbagai macam perndapat dari orang lain dalam memecahkan solusi masalah yang sedang menjadi pokok bahasan.
  • Bisa mengurangi pertikaian atau perselisihan pendapat yang sangat dimungkinkan terjadi karena setiap peserta musyawarah bisa saja memiliki kepentingan yang berbeda. Hal ini wajar karena isi otak orang tidaklah sama.
  • Bisa mengurangi hingga menghindari adanya konflik yang berkepanjangan pada suatu masalah karena masing-masing pihak yang berkaitan dengan suatu masalah bisa mendapatkan solusi yang terbaik.

Musyawarah mufakat bisa dikatakan sebagai suatu warisan dari budaya nenek moyang Indonesia yang memiliki prinsip. Prinsip tersebut diharuskan menjadi acuan utama dalam pelaksanaan musyawarah mufakat untuk tercapainya solusi atas masalah bersama. Prinsip berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dan dilaksanakan oleh semua peserta dalam musyawarah mufakat:

  • Dalam menyampaikan pendapat, maka harus dilakukan dengan baik dan santun dari segi sikap, bahasa atau gerak tubuh. Sikap santun dapat mengurangi ketersinggungan orang lain apabila ada perbedaan pendapat.
  • Menghargai dan tidak menganggap remeh pendapat orang lain dengan mendengarkan secara keseluruhan sehingga mengetahui substansi pendapat orang lain.
  • Jika hasil mufakat ternyata tidak sesuai dengan harapan kita, maka kita harus tetap menerimanya dengan sabar dan ikhlas. Selain itu kita harus mau melaksanakan putusan hasil mufakat tersebut dengan tanpa keraguan meskipun bukan pendapat kita yang diterima.

Demikian adalah ulasan kami tentang musyawarah mufakat. Semoga bermanfaat. (iwan)

referensi : http://www.anneahira.com/musyawarah.htm

About admin

Check Also

Pentingnya melaksanakan musyawarah

Ketahui Pentingnya melaksanakan Musyawarah Mufakat

Seperti yang telah disinggung dalam artikel sebelumnya, bahwa musyawarah adalah penting dilakukan dengan tujuan untuk …

One comment

  1. elbiser pardamean silitonga ganteng

    trim’s kasih atas infonya jd nambah wawasan saya nih………..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *