Pengertian Peta Adalah

pengertian peta adalah
Rasa ingin tahu merupakan salah satu sifat yang ada pada manusia termasuk juga perasaan  menjelajahi dan meneliti tempat tempat baru. Oleh karena itulah dibuat peta. dalam perkembangannya, lalu peta menjadi alat bantu paling dominan dalam mempelajari geografi. Dengan peta bisa membantu manusia untuk mengetahui keadaan alam dan budaya suatu tempat dengan cepat. Dalam menggambarkan permukaan bumi ke dalam peta digunakan sistem transformasi dari bidang lengkung menjadi bidang datar. Cabang Ilmu yang mempelajari tentang peta disebut kartografi, sedangkan orang yang ahli alam pemetaan disebut kartograf. Ilmu yang mempelajari peta disebut kartografi, sedangkan orang yang ahli di bidang perpetaan disebut kartograf. Menjadi kartograf butuh persyaratan tertentu. Erwin Raisz mengatakan ada empat bekal pengetahuan yang harus dimiliki seorang kartograf.
1. 50% memiliki pengetahuan tentang geografi.
2. 30% mempunyai bakat seni.
3. 10% mengetahui ilmu pasti.
4. 10% mengetahui ilmu-ilmu lain.
Menurut Erwin Raisz, peta adalah gambaran konvensional permukaan bumi yang diperkecil dengan berbagai kenampakan dan ditambah tulisan-tulisan sebagai tanda pengenal. Pengertian peta secara umum, mengartikan peta sebagai gambaran sebagian atau seluruh wilayah permukaan bumi dengan berbagai kenampakan pada suatu bidang datar yang diperkecil dengan menggunakan skala tertentu.

pengertian peta adalah
Berbeda dengan pengertian umum, Organisasi Katografi Internasional (International Cartographic Association [ICA]), mendefinisikan peta sebagai suatu gambaran atau representasi unsur-unsur kenampakan abstrak permukaan Bumi dan benda-benda angkasa. Satu hal yang berbeda, definisi dari ICA, melepaskan definisi peta yang terikat pada gambaran muka Bumi, dan meluaskannya pada penggambaran objek-objek di ruang angkasa. Hal ini dibutuhkan karena perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan sains, telah membentangkan sayapnya hingga ke tempat-tempat lain di luar Bumi. Jadi, peta pun digunakan dalam ilmu astronomi untuk memetakan daerah eksplorasi baru di jagat raya . Tentu saja, tanpa melepaskan karakteristik esensialnya yaitu penggambaran dalam bentuk dua dimensi dengan menggunakan skala dan simbol.

semoga tulisan tentang pengertian peta di atas bisa bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan

Referensi : buku Geografi kelas 3 SMA oleh Eko T. P

Facebook Comments

1 Comment

  1. shin

    lah hitam semua tuh… ga da tulisan “you need to upgrade your adobe flash player to watch this video” di atasx.. gmna dunk??..
    pliiis…. tlg djwb each..
    pntg bged..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *