Mulai Belajar Astronomi dengan Cara Mengenal Bola Langit

admin April 14, 2012 0



foto astronot

Angkasa dan bintang-bintang yang bersinar indah di malam hari telah menumbuhkan rasa kekaguman dan ingin tahu manusia akan keberadaan benda-benda langit di atas sana. Oleh karena itu, manusia mencari tahu keberadaan bintang di langit dengan menggunakan ilmu astronomi. Untuk mengetahui posisi atau kedudukan sebuah bintang, kita bisa menggunakan gambar sketsa bola langit. Apakah yang dimaksud dengan bola langit? Apakah manfaat membuat gambar bola langit?

Dalam ilmu pengetahuan Fisika, definisi bola langit adalah suatu bangun khayal yang berbentuk bola dengan bumi sebagai pusatnya, sedangkan benda-benda langit seakan-akan menempel pada bagian dalam kulit bola tersebut. Bola langit memiliki beberapa istilah menurut titik pengamat seorang manusia di bumi. Zenit merupakan titik langit yang berada tepat di atas kepala pengamat. Sedangkan nadir adalah titik yang berada tepat di bawah kaki pengamat.

Dalam mempelajari bola langit, manusia menggunakan patokan kutub utara dan kutub selatan bumi. Sehingga dalam hal ini muncul dua istilah Kutub Langit Utara dan Kutub Langit Selatan. Kutub Langit Utara adalah pertemuan antara bola langit dengan perpanjangan garis kutub selatan dan kutub utara. Sedangkan Kutub Langit Selatan adalah pertemuan antara bola langit dengan perpanjangan garis kutub utara dan kutub selatan.
bola langit foto gambar artikel
Saat belajar astronomi bola langit, para ahli perbintangan menggunakan titik O dengan koordinat (0,0) yaitu pusat bumi sebagai titik acuan atau pusat koordinat. Sedangkan koordinat titik-titik lain, misalnya benda-benda langit ditentukan berdasarkan posisinya terhadap titik asal. Manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mempelajari bola langit adalah mengetahui letak sebuah bintang dan garis edar bintang tersebut.

Jauh sebelum ilmu pengetahuan cara menggambar bola langit ditemukan, manusia telah menemukan cara alami tentang posisi bintang di langit. Kakek moyang bangsa Indonesia dikenal sebagai bangsa pelaut yang memanfaatkan keberadaan bintang-bintang di langit sebagai petunjuk dalam berlayar. Sebagian dari mereka juga menggunakan rasi bintang sebagai petunjuk awal melaksanakan waktu yang tepat untuk bercocok tanam. Semoga artikel ini bisa memberi manfaat untuk Anda.

 

Leave A Response »