Ditemukan planet memiliki empat matahari

Ditemukan planet memiliki empat matahari

Anda pernah menonton film Star Wars? Jika ya, mungkin anda akan familiar ketika kami menyebut nama Tatooine. Anda benar jika menyangka yang kami maksud adalah planet yang memiliki matahari kembar dalam film tersebut. Sekarang kita mengetahui bahwa planet seperti ini ada dalam dunia nyata, meskipun kita tidak dapat melihatnya secara langsung. Ada sebuah planet yang diterangi tidak hanya dua matahari, namun empat sekaligus. Ini adalah penemuan pertama sebuah planet dengan jenis tersebut.

Ditemukan planet memiliki empat matahari

Planet yang dimaksud adalah PH1, diberi nama dari situs planethunters.org yang memfasilitasi penemuannya. Planet yang merupakan sebuah gas raksasa seperti planet terluar tata surya ini memiliki besar lebih sedikit daripada Neptunus atau setara enam kali besar bumi. Planet yang terletak sekitar lima ribu tahun cahaya dari bumi itu mengorbit pada sepasang bintang dan menjadi orbit bagi dua bintang lainnya.

Masa revolusi atau masa orbit pada dua bintang induk adalah 138 hari, sedangkan kedua bintang itu saling mengitari setiap dua puluh hari sekali. Massa bintang nyaris kembar tersebut adalah sekitar 1,5 dan 0,41 kali massa matahari kita. Menurut perkiraan para peneliti, temperatur pada PH1 berada diantara 251 hingga 340 derajat Celsius. Tentu saja ini terlalu panas untuk ukuran planet layak huni. Namun tetap saja yang menjadikan planet ini menarik adalah memiliki empat bintang dan berada dalam orbit yang stabil.

Kian Jek dan Robert Gagliano yang menemukan planet ini dari data-data yang ada di situs PlanetHunters.org yang kemudian dikonfirmasi oleh ilmuwan Amerika Serikat dan Inggris yang melakukan observasi langsung dari Keck Observatory. Dikutip dari BBC, Dr. Chris Lintott dari Universitas Oxford mengatakan bahwa empat bintang diatas sebuah planet dapat menciptakan lingkungan yang rumit. Namun orbitnya nampak stabil. Tentu saja ini sangat menarik. Bisa dikatakan bahwa ini sangat membingungkan, namun membuat penemuan tersebut menjadi sangat menyenangkan, jauh dari perkiraan para ilmuwan.

Binary Stars adalah sebutan dua bintang yang saling mengorbit satu sama lain, dimana ada planet juga di dalamnya. Sistem planet ini tidak biasa. Hanya segelintir eksoplanet yang ditemukan mengorbit pada dua bintang. Akan tetapi seperti yang dilansir BBC, tidak ada planet yang menjadi orbit bagi dua bintang yang lain. Pertanyaan yang muncul adalah bagaimana dapat tercipta sistem orbit yang stabil jika ada empat bintang yang mempengaruhi gravitasi dari planet tersebut. Dr. Lintott juga mengatakan bahwa ada enam planet lain yang berada dalam orbit yang mapan diantara bintang ganda, dimana mereka sangat dekat dengan bintang-bintang ini.

Tentu saja ini yang harus menjadi perhatian dalam penelitian para ilmuwan astronomi. Dalam hal ini kita baru bisa mengakui bahwa ilmu itu sangat luas sekali. Semakin kita tahu, semakin merasa kita tidak tahu apa-apa. Benar-benar luar biasa. (iwan)

referensi : http://www.antaranews.com/berita/338939/planet-dengan-empat-matahari-ditemukan

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *