Home / pengetahuan umum / biologi / Pentingnya kesadaran dalam pengolahan limbah industri

Pentingnya kesadaran dalam pengolahan limbah industri

Mencari solusi yang sama-sama menguntungkan dalam pengolahan limbah yang dihasilkan oleh industri tentu saja tidak mudah. Hal ini sering terjadi jika pengelola suatu industri tidak memiliki empati sama sekali dengan keadaan masyarakat sekitar. Individual yang egois seperti inilah yang menyengsarakan banyak orang jika menjalankan suatu industri. Maka dari itu diperlukan pemahaman dan kesadaran dari semua pihak, apakah itu pengelola industri atau masyarakat yang hidup di sekitar wilayah industri tersebut. Diharapkan mereka dapat selalu menjaga lingkungan hidup dimana mereka duduk, tidur, bernafas dan mencari sumber penghidupan.

pengolahan limbah plastik menjadi tas

Bagi para pelaku industri, alangkah baiknya jika memiliki kesadaran sendiri untuk bisa mengolah limbah yang dihasilkan oleh industri yang ia miliki. Dengan itikad yang baik ini, dipastikan masyarakat akan mau dan mampu bekerjasama. Tanggung jawab dan empati yang besar dari pemilik atau pengelola industri dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar tentu saja akan mendapatkan apresiasi dari warga dan tanpa diminta pun warga pasti akan membantu semampu yang mereka bisa. Kesadaran tersebut harus dimiliki oleh para pelaku industri sebelum mengajak masyarakat bekerja sama dalam membersihkan areal sekitar industri dari berbagai macam limbah atau sampah industri.

Masyarakat tidak hanya diajak untuk memelihara kebersihan lingkungan, namun juga bisa mengetahui proses industri dan dampaknya bagi lingkungan dari berbagai macam kegiatan dalam proses pengolahan limbah industri. Kerjasama ini akan menghasilkan hubungan yang harmonis antara pihak industri dan pihak masyarakat sehingga tidak ada lagi saling curiga dan saling menuduh untuk menyalahkan satu sama lain jika ada hal yang merugikan lingkungan di sekitar wilayah industri tersebut berada. Selain itu peran pemerintah sebagai regulator dan inspektor sangat penting dalam upaya pengolahan limbah industri di negara kita. Pemerintah harus menjamin dengan peraturan dan sanksi yang tegas jika limbah industri tidak dikelola sebagaimana mestinya.

Kita semua tentu tahu bahwa pengolahan limbah industri tidaklah murah. Dibutuhkan dana yang tidak sedikit untuk mengolah limbah suatu industri, meskipun sebenarnya hanya sekian persen dari pendapatan suatu industri. Hal ini memicu banyaknya penyelewengan dengan terjadi dengan tidak mengelola limbah sesuai proses yang digariskan oleh peraturan pemerintah. Oleh karena itu peraturan harus memuat sanksi yang tegas dan dapat menjadi hakim yang adil supaya penyelewengan terhadap proses pengelolaan limbah industri tidak terjadi. Ini merupakan fungsi negara sebagai pelindung masyarakat, dimana jika terjadi penyelewengan maka dampaknya adalah mengganggu bahkan membahayakan tatanan lingkungan hidup masyarakat.

Maka dari itu, kerjasama yang baik seharusnya terjalin antara pengelola industri dan masyarakat serta pemerintah sebagai penengah yang memastikan semuanya dijalankan sesuai peraturan yang berlaku. Dengan demikian maka industri tetap dapat berjalan dan keberlangsungan lingkungan yang sehat dapat terlaksana dengan baik.

referensi : http://www.chem-is-try.org/materi_kimia/kimia-industri/limbah-industri/pengolahan-limbah-industri/

About admin

Check Also

Pengertian Rantai Makanan – Jenis dan contoh rantai makanan

Rantai Makanan Pada artikel ini akan membahas tentang pengertian dari rantai makanan. Seperti yang telah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *