Limbah industri pun bisa diolah, yuk ketahui jenis dan bentuk pengolahannya

admin October 24, 2012 2


Jenis dan pengolahan limbah industri

Seperti yang pernah kita bahas pada artikel sebelumnya mengenai limbah industri, bisa dikatakan bahwa masalah ini tidak dapat lepas begitu saja dari kehidupan manusia. Semua proses akan menghasilkan limbah, baik dalam bentuk gas, cair ataupun padat yang berpotensi mencemari lingkungan. Teknologi industri memang membuat segala hal dapat diolah dengan mudah, akan tetapi seringnya tidak memberikan solusi yang baik terhadap dampak yang timbul karena limbahnya. Jika tidak dikelola dengan benar, bisa jadi hidup manusia hancur akibat hal ini.pengolahan limbah plastik menjadi tas

Seringkali para pelaku industri tidak memberikan empati terhadap masyarakat supaya dapat terhindar dari limbah industri pabrik yang merusak lingkungan. Di sebagian tempat bahkan sudah semerbak wabah penyakit yang diakibatkan oleh pengaruh buruk dari limbah industri tersebut. Penyakit ini seringnya ditimbulkan oleh penumpukan limbah industri yang tidak mengalir sebagaimana mestinya sehingga menggunung di dekat pemukiman warga yang tidak jauh dari areal industri.

Meskipun pembangunan dalam bidang industri digadang bisa meningkatkan dan memajukan negara dan masyarakat, di sisi lain industri bisa berdampak buruk bagi lingkungan. Beberapa, bahkan banyak pabrik yang menghasilkan limbah berupa cairan atau bahan padat. Lingkungan yang buruk akan berimbas juga kepada manusianya, karena bagaimanapun manusia adalah bagian yang tidak terpisahkan dari lingkungan.

Macam limbah industri

Ada dua macam jenis limbah industri, yaitu:

  1. Limbah bernilai ekonomis

Disebut limbah ekonomis karena dapat memberikan nilai ekonomis bagi orang yang dapat menindaklanjuti limbah tersebut sehingga menjadi barang baru yang bernilai jual. Limbah ini umumnya berbentuk padat, dimana masyarakat dapat menciptakan barang baru yang dapat menghasilkan uang. Misalnya dalam pengolahan produk yang berupa makanan dapat juga menghasilkan limbah yang kemudian digunakan sebagai bahan pupuk organik. Dengan sistem seperti itu maka tdak hanya meminimalisir sampah industri, namun dapat juga menghasilkan uang dengan nilai ekonomi yang tidak sedikit. Oleh karena itu para pengelola industri yang menghasilkan limbah padat atau sampah bekerja sama dengan masyarakat supaya bisa mengolahnya menjadi barang yang bernilai ekonomis sehingga menguntungkan kedua belah pihak.

  1. Limbah tak bernilai ekonomis (non-ekonomis)

Limbah jenis ini tidak mendatangkan keuntungan. Limbah yang ada, baik padat, cair dan gas sulit diolah kembali menjadi sesuatu yang memiliki nilai jual. Jenis limbah semacam ini bisa saja dijadikan barang baru, namun proses yang dilakukan tidaklah sederhana dan membutuhkan biaya yang besar sehingga tidak ekonomis. Limbah seperti ini umumnya didapat pada industri pengolahan bahan anorganik. Limbah seperti ini hanya bisa ditangani dengan cara pengolahan kembali dengan sistem industri. Jika tidak dapat dilakukan sepenuhnya, setidaknya dapat dilakukan untuk meminimalisir zat anorganik yang dibuang ke dalam lingkungan.

Bentuk pengolahan limbah industri

Proses pengolahan limbah industri terdiri dari proses fisika, kimia dan biologi. Proses fisika-kimia adalah proses yang menuntut perlakuan dengan cara tersebut diatas. Cara ini seringkali digunakan pada industri tertentu seperti bakterial kering, soda, kawat, baja, pelapis logam dan lain sebagainya. Sistem ini biasanya menggunakan penyaringan, katalisator dan pengendapan dalam sistemnya untuk menghasilkan buangan yang lebih bersih. Sedangkan proses pengolahan limbah secara biologi adalah menggunakan makhluk hidup sebagai pengurainya, seperti eceng gondok digunakan sebagai pengurai deterjen dan zat sejenisnya atau beberapa bakteri tertentu digunakan untuk menguraikan dan mengendapkan bahan berbahaya untuk mendapatkan buangan dengan zat anorganik yang minimal.

Demikian adalah macam limbah dan cara pengolahannya. Semoga bermanfaat. (iwan)

referensi : http://www.chem-is-try.org/materi_kimia/kimia-industri/limbah-industri/pengolahan-limbah-industri/

 

2 Comments »

  1. dinar January 29, 2013 at 7:33 pm -

    Aq punya kain percakatun strit motif bunga,,bgus nya di buat ap ya bwat nmbah pundi uang

  2. shulamt maikl November 2, 2012 at 6:17 pm -

    limbah yg tidak terkelola (sampah) sangatlah khas indonesia, luar biasa dahsyatnya. Mengamati budaya nyampah bangsa ini, adalah mentalitas yg tidak mudah diperbaiki dalam 50 tahun kedepan, itupun bila ada keajaiban..

Leave A Response »