Kodok Raksasa Terbesar di Dunia dari Afrika – Foto dan Video

admin March 10, 2012 0


Jika kamu penggemar anime naruto pasti pernah melihat kodok raksa yang bernama gamabunta. Namun yang akan dibahas di sini bukan kodok raksasa si gamabunta yang mencapai ketinggian di atas pohon hutan.

kodok raksasa

Yang akan kita bahas adalah kodok raksasa dari afrika yang memiliki nama latin pyxicephalus adspersus. Kodok raksasa dari afrika ini beratnya bisa sampai 2 kg, dan panjanya bisa sampai 24 cm, dan mampu melompat sampai ketinggian 12 kaki. menurut info dari wayantulus.com,  Kodok raksasa ini bisa ditemuka di afrika bagian selatan, tengah dan timur, untuk ukuran paling besar bisa dijumpai di Kamerun.
foto kodok raksasa terbesar di dunia dari afrika

foto kodok raksasa terbesar di dunia dari afrika
Kodok raksasa ini bukan kodok biasa, yang umumnya hanya memakan nyamuk dengan menjulurkan lidahnya. Ia adalah amphibi pemakan daging (karnivora) yang buas dan cukup mengerikan, meskipun tidak memakan manusia. Ia memangsa dan memakan binatang di sekitarnya, mulai dari serangga seperti laba-laba, kalajengking, binatang pengerat seperti tikus dll, bahkan binatang yang hampir mirip dengannya yaitu kodok kecil dimakannya juga, sungguh mengerikan. Selain itu dengan kemampuan melompat yang tinggi ia bisa memangsa burung yang sedang hinggap di atas dahan yang agak tinggi.

Berikut ini foto kodok raksa yang sedan mamakan tikut,

Kodok Raksasa Terbesar di Dunia dari Afrika - Foto dan Video

Dalam melancarkan aksinya, si kodok raksasa ini tidak banyak melakukan gerakan, cukup diam saja sambil menunggu ada mangsa yang lewat di sekitarnya. Hanya dengan sedikit gerakan, mangsanya sudah ada dalam mulutnya, jika mangsa susah untuk masuk ke mulutnya, ia menggunakan tangannya untuk mendorong mangsa masuk ke mulutnya. Gigi pada kodok raksasa ini berbentuk seperti pecahan kaca yang tajam, mangsa seperti tikus pun akan mati lemas sebelum masuk ke dalam perutnya.  Namun juka maksanya terlalu besar, dan tidak muat di mulutnya, ia memuntahkan.

SIlahkan simak video bagaimana kodok raksasa memaksa binatang di sekitarnya di bawah ini.

 

Leave A Response »