Daftar Istilah Penting Ilmu Pengetahuan Perbintangan Astronomi

Daftar istilah Perbintangan Astronomi

Astronomi adalah ilmu pengetahuan yang khusus mempelajari perbintangan. Astronomi juga mempelajari asal usul penciptaan alam, tata surya, galaksi, planet, rasi, dan benda-benda langit lainnya. Dalam artikel kali ini akan disajikan daftar istilah penting yang berkaitan dengan ilmu perbintangan atau astronomi.

Daftar istilah Perbintangan Astronomi

1. Bola langit.
Bola langit adalah suatu bangun khayal yang berbentuk bola dengan bumi sebagai pusatnya sedangkan benda-benda langit lain seakan menempel pada kulit bola tersebut.

2. Sumbu langit.
Sumbu langit adalah perpanjangan sumbu bumi hingga memotong kulit bola bumi. Perpanjangan sumbu langit ke arah utara akan memotong kulit bola langit di kutub langit utara (KLU). Sedangkan perpanjangan sumbu langit ke arah kutub selatan memotong kulit bola langit di kutub langit selatan (KLS).

3. Lingkaran besar.
Lingkaran besar adalah lingkaran pada bola langit dengan bumi (pusat bola) sebagai pusat lingkaran.

4. Lingkaran kecil.
Lingkaran kecil adalah lingkaran pada bola langit dengan pusat lingkaran selain pusat bola.

5. Nadir.
Nadir adalah titik di langit tepat di bawah kaki seorang pengamat.

6. Zenit.
Zenit adalah titik di langit tepat di atas kepala seorang pengamat

7. Meridian langit.
Meridian langit adalah lingkaran besar vertikal pada bola langit melalui titik utara (U) dan titik selatan (S).

8. Horizon.
Horizon adalah lingkaran besar horizontal (melintang) pada bola langit dimana bumi berperan sebagai pusat lingkaran tersebut.

9. Lingkaran almukantari.
Lingkaran almukantari adalah lingkaran kecil yang sejajar dengan horizon dan melalui benda langit.

10. Lingkaran tinggi.
Lingkaran tinggi adalah lingkaran besar vertikal yang melalui benda langit dan proyeksi benda langit tersebut pada horizon.

11. Bujas.
Bujas (bujur astronomis) dari suatu bintang adalah busur pada lingkaran ekuator yang diukur dari titik Aries berlawanan arah dengan peredaran semu harian sampai proyeksi bintang tersebut pada ekliptika.

12. Lintas.
Lintas (lintang astronomis) suatu bintang adalah busur pada lingkaran bintang astronomis, antara bintang tersebut, dan proyeksinya pada ekliptika.

13. Deklinasi.
Deklinasi suatu bintang adalah busur pada lingkaran deklinasi yang menyatakan jarak antara bintang tersebut dengan proyeksinya pada ekuator.

14. Titik Aries
Titik Aries (titik musim semi) adalah titik potong antara lingkaran ekliptika (bidang orbit bumi) dengan lingkaran ekuator.

Dalam menggambar bola langit, ilmu Astronomi mengenal tiga macam tata koordinat bola langit, yaitu: tata koordinat horizon, tata koordinat ekuator, dan tata koordinat ekliptika. Cara menggambar bola langit yang paling banyak digunakan adalah tata koordinat horizon.

Keunggulan tata koordinat horizon adalah caranya sederhana dan relatif mudah dilukis. Sedangkan kelemahan tata koordinat horizon adalah hanya dapat digunakan untuk melukiskan keadaan bola langit pada waktu dan tempat tertentu. Semoga artikel ini berguna untuk menambah pengetahuan Anda seputar kondisi jagat raya ini.

Referensi: http://id.wikipedia.org/wiki/Astronomi

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *