Arti dan Pengertian Paradigma adalah

admin July 15, 2012 2


Paradigma? Sepertinya kita pernah mendengar istilah ini, Namun belum mengerti pada artinya. Jika kamu belum tahu artinya, Silahkan simak penjelasan tentang pengertian paradigma di bawah ini.

Pengertian Paradigma

Ritzer dalam zamroni, membuat pengertian tentang paradigma yaitu pandangan yang mendasar dari para ilmuwan tentang apa yang menjadi pokok persoalan yang semestinya dipelajari oleh salah satu cabang atau disiplin ilmu pengetahuan. Dari pengertian ini dapat disimpulkan, dalam suatu cabang ilmu pengetahuan dimungkinkan terdapat beberapa paradigma. Artinya dimungkinkan terdapatnya beberapa komunitas ilmuwan yang masing-masing berbeda titik pandangnya tentang apa yang menurutnya menjadi pokok persoalan yang semestinya dipelajari dan diteliti oleh cabang ilmu pengetahuan tersebut. (ahmad sihabudin dalam Jurnal Kampus Tercinta, 1996 : 43).

pengertian paradigma

Penjelasan paradigma fakta sosial berasal dari pendapat Durkheim. Fakta sosial dianggap sebagai barang sesuatu yang berbeda dengan ide yang menjadi obyek penyelidikan seluruh ilmu pengetahuan dan tidak dapat dipahami melalui kegiatan mental murni. Tetapi untuk memahaminya diperlukan penyusunan data riil di luar pemikiran manusia. Fakta sosial ini terdiri atas dua jenis, yaitu :

  1. Bentuk material, berupa barang sesuatu yang dapat dilihat, ditangkap dan diobservasi,
  2. Dalam bentuk non material, merupakan fenomena yang terkandung dalam diri manusia hanya muncul dalam kesadaran manusia (zamroni, 1992:24)

Penjelasan paradigma definisi sosial bersumber dari karya Weber yang konsepsinya tentang fakta sosial sangat berbeda dengan konsep Durkheim. Weber tidak memisahkan antara struktur sosial dengan pranata sosial karena keduanya sama-sama membantu untuk membentuk tindakan manusia yang penuh makna (Zamroni, 1992 : 53).

Itulah sedikit pembahasan mengenai pengertian paradigma menurut  Ritzer, Durkheim dan Weber, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kamu.

 

2 Comments »

  1. Tutorial Photoshop September 19, 2011 at 4:31 pm -

    jadi intinya paradigma itu adalah perbedaan pandangan dalam menilai sesuatu ?

    Belajar Photoshop

  2. Nascar October 13, 2009 at 2:19 pm -

    useful information . . . . . TQ

Leave A Response »