Cara Membuat Linux Ubuntu Bootable di Flashdisk – Ubuntu Juga bisa

admin December 25, 2010 4



cara membuat Linux Ubuntu Bootable di Flashdisk - Ubuntu Juga bisa
Umumnya ketika kita ingin menginstall linux ubuntu pada perangkat komputer atau laptop kita membutuhkan sebuah CD room sebagai perangkat untuk membaca CD master linux ubuntu. Tapi terkadang komputer atau laptop kita CD rom nya tidak bisa digunakan entah karena sedang rusak atau mungkin memang dari awal tidak ada kelengkapan CDrom nya, misalnya seperti Netbook yang sekarang beredar di pasaran tidak dilengkapi dengan CD Room. Bagi kamu yang tidak mau repot dan hobi beli barang, mungkin lebih baik beli saja CD Rom external yang bisa ditancepin ke lubang USB, beres deh langsung bisa masukin CD master linux ubuntu nya.

Nah bagi kamu yang suka  nyoba nyoba aplikasi dan mau repot sedikit, bisa mencoba membuat linux ubuntu bootable di flashdisk dengan bantuan aplikasi khusus yaitu UNetbootin. Dengan aplikasi UNetbootin kita bisa mengkopi seluruh data yang ada pada CD Master Ubuntu ke flashdisk, dan menjadi flashdisk tersebut menjadi bootable, artinya ketika flasdisk ditancapkan pada lubang USB, komputer akan meload data data dari flashdisk seperti halnya menggunakan CDmaster linux ubuntu (tapi sebelumnya setting bios booting nya harus disett dari flashdisk dulu).

Untuk mendownload aplikasi pembuat linux bootbable di flashdisk silahkan klik di sini

Tampilan antar muka aplikasi UNetbootin seperti gambar di bawah ini.

Cara Membuat Linux Ubuntu Bootable di Flashdisk - Ubuntu Juga bisa

Untuk membuat flashdisk menjadi linux bootable, entah itu ubuntu ataupun distro yang lain.

Yang pertama melalui Opsi Distribution, jika menggunakan Opsi distribution komputer atau laptop kamu yang terhubung ke internet karena ia akan mengambil file file master linux melalui internet, dalam artian lain UNetbootin akan mendownload Iso  linux kemudian di copy ke flashdisk untuk dijadikan linux bootable. Dengan opsi Distribution kamu bisa memilih berbagai distro linux yang tersedia.  di bawah ini merupakan daftar distro linux yang bisa didownload dengan Unetbootin.

* Ubuntu (and official derivatives)
* Debian
* Linux Mint
* openSUSE
* Arch Linux
* Damn Small Linux
* SliTaz
* Puppy Linux
* gNewSense
* FreeBSD
* NetBSD
* Fedora
* PCLinuxOS
* Sabayon Linux
* Gentoo
* MEPIS
* Zenwalk
* Slax
* Dreamlinux
* Elive
* CentOS
* Mandriva
* LinuxConsole
* Frugalware Linux
* xPUD

Yang kedua, melalui opsi diskimage. Pada opsi ini membuat flashdisk bootble linux dengan file ISO linux yang sudah ada di komputer atau laptop kamu.

jadi tinggal klik tombol browse yang ada di sebelah kanan diskimage kemudian pilih file iso linuxnya, kemudian tentunya drive flashdisk nya, lalu klik tombol OK, tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai, jadi deh.. flash disk yang bootable linux ubuntu atau yang lainnya.

Selamat mencoba, semoga berhasil ya… amin

 

4 Comments »

  1. wisnu sagita January 6, 2013 at 2:15 pm -

    wawwww…. q-reen.
    aq udah coba nii…
    alhmdulillah berhasil… makasih yaa.. :)

  2. indra wahid July 1, 2012 at 6:49 am -

    thanks banget tutornya gan!

  3. agnes alena April 28, 2012 at 9:40 pm -

    makasih ya tutor nya….

  4. ANDRIANSYAH March 3, 2012 at 11:57 pm -

    Bagus sekali bahasannya. Terima kasih untuk pencerahannya

Leave A Response »