Home / teknologi / TV / Mengenal Smart TV – apa kelebihan yang ditawarkan dari pada tv biasa

Mengenal Smart TV – apa kelebihan yang ditawarkan dari pada tv biasa

Saat ini ada teknologi baru dalam sistem penyiaran di seluruh dunia, yakni TV internet. Pada dasarnya teknologi ini sama dengan teknologi yang digunakan untuk video streaming online semacam Youtube. Media yang digunakan bisa saja berupa PC, Notebook atau Tablet PC bahkan ponsel pintar. Sebutan TV Internet ini dikarenakan munculnya Smart TV belakangan ini. Smart TV adalah televisi yang dibekali dengan kemampuan seperti komputer dimana televisi tersebut dapat digunakan untuk browsing, chatting dan lain-lain. TV Internet ini adalah salah satu layanan yang bisa diakses menggunakan Smart TV.

kelebihan smart tv - samsung

Teknologi Smart TV dapat membuat televisi anda tidak hanya berfungsi sebagai perangkat pasif yang bisa anda tonton saja siarannya. Smart TV dapat anda gunakan untuk melakukan aktivitas sosial media seperti mengupdate status dan chatting. Namun fungsi utama dari Smart TV adalah TV Internet. Untuk mendapatkan tayangan acara TV, anda dapat menggunakan jasa layanan TV streaming yang gratis maupun yang berbayar. Untuk yang gratis, anda dapat mengakses MivoTV, sedangkan untuk yang berbayar, anda dapat berlangganan Telkom Grovia atau AHA MyTV. Baik gratis maupun yang berbayar, semua menyediakan streaming televisi lokal dan internasional. Khusus untuk berbayar, anda memiliki banyak fasilitas selain hanya streaming siaran televisi saja, yakni kemampuan untuk menonton acara yang sudah berlalu.

Apa kelebihan Smart TV?

Kelebihan yang ditawarkan oleh TV Internet tersebut selain dapat memilih program sendiri yang dapat anda tonton, anda juga dapat menonton video streaming yang ada di internet seperti Youtube. Layar Smart TV yang pada umumnya lebar, lebih dari 36 inci tentu saja akan membuat anda nyaman menonton siaran apapun, baik televisi atau video streaming. Siaran televisi yang dapat disaksikan juga tidak terbatas hanya siaran dalam negeri saja, namun dapat juga siaran luar negeri, terutama yang berbayar. Pilihan channel yang ada bisa mencapai ratusan, tidak hanya puluhan seperti televisi berlangganan lewat satelit. Memang untuk yang gratis ada batasannya, sedangkan untuk yang berbayar lebih banyak lagi fiturnya.

Tidak hanya video yang distreaming dari internet saja yang dapat anda tonton di Smart TV, namun juga video yang telah anda simpan. Umumnya Smart TV mendukung banyak format video, seperti AVI, MPEG, MP4, 3GP, DIVX dan lain sebagainya. Meskipun storage atau tempat penyimpanan di Smart TV tidak besar, namun ada dukungan untuk mengkoneksikan Flashdisk atau eksternal harddisk yang memiliki interface USB. Selain video dari dalam media penyimpanan, anda dapat juga menampilkan gambar statis berformat umum seperti JPEG, GIF dan PNG, baik yang berasal dari internet maupun di dalam media penyimpanan. Selain kedua hal diatas, Smart TV juga dapat digunakan untuk mendengarkan musik dan radio analog.

Demikian sedikit ulasan kami tentang Smart TV. Semoga bermanfaat. (iwan)

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *