Tips Melindungi Smartphone Android dari Malware

Tips Melindungi Smartphone Android dari Malware

Tips Melindungi Smartphone Android dari Malware
Tips Melindungi Smartphone Android dari Malware

Seperti biasa, platform yang sedang populer pasti menjadi target orang-orang tidak bertanggunng jawab untuk menyebarkan malware dan virus. Dulu saat Android baru-baru booming, mungkin keamanan bukanlah isu yang krusial. Namun sekarang semakin banyak malware bermunculan dan sudah cukup mengkhawatirkan. Ada banyak hal merugikan yang bisa dilakukan oleh malware, mulai dari mencuri data pribadi anda hingga merusak Smartphone. Berikut ini adalah beberapa tips penting untuk melindungi Smartphone Android dari malware:

  1. Salah satu pintu masuk paling utama malware adalah melalui aplikasi yang terdapat di Google Play Store. Memang ada banyak sekali aplikasi gratis yang bisa anda dapatkan disini. Namun hati-hati karena beberapa dari aplikasi tersebut mungkin mengandung malware atau trojan. Begitu banyaknya aplikasi sehingga Google belum siap untuk memeriksa semua aplikasi secara detil. Mereka memakai laporan pengguna untuk mengetahui apakah sebuah aplikasi berbahaya atau tidak. Pada beberapa kasus, pengembang software memodifikasi aplikasi mereka dengan tambahan malware dan memposting ulang ke Play Store. Oleh sebab itu anda harus berhati-hati sebelum mendownload aplikasi. Pastikan aplikasi yang didownload berasal dari developer yang sudah terpercaya.
  2. Untuk melindungi Smartphone Android dari malware, buatlah password untuk membuka kunci Smartphone. Banyak dari kita mungkin tidak terlalu suka melindungi Smartphone dengan password. Karena ribet lah, kurang nyaman, atau alasan lainnya. Jika Smartphone anda dipergunakan oleh orang tidak bertanggung jawab, Smartphone tersebut bisa terinfeksi oleh malware dan berbagai ancaman lainnya.
  3. Yang juga sangat penting untuk melindungi Smartphone Android dari malware adalah menambahkan software penangkal malware. Cara kerja software ini hampir sama dengan aplikasi serupa yang bisa kita temukan pada platform lainnnya. Salah satu aplikasi terbaik yang bisa anda pilih adalah Lookout Mobile Security. Seiring dengan semakin terkenalnya sistem operasi Android, semakin banyak software serupa yang akan muncul di pasaran. Jadi kita akan memberikan proteksi terbaik untuk Smartphone Android anda.
  4. Pilihlah versi terbaru Android. Versi terbaru dari sebuah OS biasanya lebih baik dalam hal keamanan. Ini berlaku untuk berbagai macam platform, tidak hanya Android. Kapanpun ada update terbaru Android dirilis ke pasaran, sebaiknya segera update perangkat anda dengan versi terbaru tersebut. Namun tidak semua Smartphone mampu meng-handle versi terbaru Android, ini sangat tergantung dari spesifikasi yang dimiliki masing-masing Smartphone. Jika Smartphone anda masih bisa menerima update tersebut, sebaiknya segera update. Untuk Saat ini, versi terbaru Android adalah Jelly Bean. Terdengar kabar bahwa versi terbaru Android Key Lime Pime akan dirilis dalam beberapa bulan ke depan.
  5. Untuk melindungi Smartphone Android dari malware, sebaiknya filter sumber-sumber aplikasi yang tidak terpercaya. Pada kondisi default, pengguna Android tidak hanya mendownload aplikasi dari Google Play Store. Banyak dari aplikasi tersebut bisa didownload langsung dari websitenya. Nah, tidak semua website-website ini aman untuk Smartphone anda. Sebaiknya anda singkirkan sumber-sumber aplikasi yang mencurigakan. Caranya adalah pergi ke menu “settings” > “security dan filter pada halaman tersebut.
Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *