Home / teknologi / smartphone / Cara Melindungi iPhone dari Cipratan Air

Cara Melindungi iPhone dari Cipratan Air

Cara Melindungi iPhone dari Cipratan Air

iPhone adalah gadget yang mahal, jadi sangat disayangkan jika tiba-tiba rusak karena keteledoran kita. Air merupakan ancaman paling serius bagi iPhone. Oleh sebab itu anda harus melindungi Smartphone anda dari cipratan air. Cipratan air tidak hanya bisa merusak Smartphone, namun juga bisa menghanguskan garansi dari Smartphone tersebut.

Cara Melindungi iPhone dari Cipratan Air

Ada banyak kesempatan iPhone terkena air, misalnya membawa ponsel saat hujan sedang turun, bermain ponsel di kolam renang, kamar mandi dll. iPhone juga terkenal sensitif dengan keringat dan kelembaban, oleh sebab itu anda harus lebih berhati-hati. Cipratan sedikit air mungkin tidak menjadi masalah besar. Namun jika iPhone anda terkena tumpahan air atau terendam di dalam air, maka bagian vital seperti Liquid Contact Indicators dan dock-connector akan terkena dampaknya. Jika sampai ini terjadi, anda harus keluar uang untuk memperbaikinya.

Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk melindungi iPhone dari cipratan air:

  1. Yang pertama adalah hati-hati terhadap hujan. Misalnya anda naik motor dan meletakkan Smartphone di saku celana atau baju, ini akan membuatnya terkena air. Jika turun hujan, tempat terbaik untuk melindungi Smartphone adalah di bawah sadel. Meletakkan di dalam tas juga sebaiknya dihindari sebab air hujan bisa dengan mudah merembes ke dalam tas.
  2. Pakai kantong pelindung untuk Smartphone anda. Saat ini ada aksesoris yang bentuknya seperti kantong plastik transaparan. Jika anda ingin bepergian ke sebuah tempat yang beresiko membuat ponsel terkena air, masukkan ponsel anda ke dalam kantong ini. Kantong penyimpanan ini bersifat water-resist atau anti air. Jadi walaupun misalnya iPhone anda masuk ke dalam air, jika sudah dilindungi oleh kantong ini, maka ponsel tersebut akan baik-baik saja. Aksesoris ini hadir dengan berbagai bentuk dan gaya, anda bisa memilihnya sesuai selera.
  3. Tips lain juga penting untuk melindungi iPhone dari cipratan air adalah jangan memegangnya saat berolahraga. Saat kita melakukan olahraga terutama yang esktrim seperti angkat beban, tangan kita akan mudah berkeringat. Keringat dan udara lembab di dalam ruang fitness bisa menumbulkan masalah pada iPhone, terutama pada bagian Liquid Contact Indicators-nya. Selain itu sangat tidak disarankan untuk memegang ponsel saat jogging. Sudah ada iPod yang memang dirancang khusus untuk mendengarkan musik, sebaiknya anda memakai itu saja jika butuh hiburan saat berolahraga. Namun jika anda tetap ingin membawa iPhone, jangan lupa lap kedua tangan anda sebelum memegangnya. Hati-hati juga saat memakai earphone. Keringat anda bisa dengan mudah mengalir melalui kabel menuju headphone jack dan menimbulkan kerusakan.
  4. Jangan bawa iPhone ke dalam kamar mandi. Disini kita sering lalai, padahal kamar mandi adalah tempat yang paling beresiko bagi iPhone kita untuk terkena air. Jatuh ke bathtub, bak mandi, terkena shower, masuk ke kloset, ada banyak tempat berair di dalam kamar mandi yang tidak kondusif untuk Smartphone anda. Selain itu kamar mandi juga memiliki kelemababan cukup tinggi dan kita tahu kelembabab sangat tidak baik untuk iPhone.

Nah, itu adalah beberapa cara melindungi iPhone dari cipratan air. Semoga bermanfaat untuk anda.

About admin

Check Also

Fitur Unik Android yang Semakin Memudahkan Pengguna

Fitur Unik Android yang Semakin Memudahkan Pengguna

Fitur Unik Android yang Semakin Memudahkan Pengguna Ada banyak sistem operasi mobile saat ini, namun …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *