Cara Setting Google Cloud Print – Mengenal Google Cloud Print

admin September 24, 2011 5



google cloud print

Apa itu google cloud print ? Menurut penjelasan dari situs resmi Google, Google Cloud Print merupakan teknologi baru yang menghubungan printer kita ke web. Dengan teknologi ini kita bisa mengatur printer agar bisa digunakan oleh siapa saja yang telah kita pilih untuk melakukan pencetakan menggunakan jaringan internet dengan mudah. Dengan Google Print cloud pengguna bisa melakukan pencetakan via ponsel, tablet, laptop, komputer atau perangkat lain yang terhubung ke internet.

Printer yang mendukung Google Cloud Print
Untuk memberikan kemudian kepada pengguna, Google Cloud Print mendukung dua jenis printer, yaitu Printer Classic dan printer yang memiliki fitur Google Cloud Print Ready.
Untuk pengguna yang masih menggunakan printer classic, printer harus dihubungkan ke komputer atau laptop yang tersambung ke jaringan internet, kemudian menggunakan fitur dari browser Chrome untuk mengaktifkan Google Cloud Print.
Sedangkan printer yang telah memiliki fitur Google Cloud Print Ready, printer dapat langsung disambungkan ke internet, tanpa harus menyambungkan ke laptop atau printer. Printer yang mendukung fitur Google Cloud Print Ready misalnya seperti Printer Kodak Seri Hero.

Cara Setting Google Print
Setting google cloud print pada printer classic bisa dilakukan dengan mudah, tertarik untuk mencoba? silahkan baca panduan singkat di bawah ini.
1. Yang pertama pastikan bahwa printer bisa berjalan normal di komputer atau laptop kamu. Koneksi internet, Browser Google Chrome, dan Akun Google harus sudah kamu miliki.
2. Jika semua bahan di atas sudah tersedia, silahkan aktifkan printer kamu, kemudian buka browser Google Chrome lalu loginlah ke akun google atau gmail kamu.
3.  Setelah login ke akun Google atau gmail kamu, klik tombol pengaturan google chrome di pojok kanan atas

cara setting google cloud print
4. kemudian klik  Pilihan atau Options
cara setting google cloud print
5.  Setelah masuk ke jendela Opsi, klik opsi  di Balik Terpal
cara setting google cloud print
6.  Geser ke bagian bawah, kemudian cari opsi  Google Cloud Print, kemudian klik tombol  Masuk ke Google Cloud Print
cara setting google cloud print
7.  Nanti akan muncul halaman seperti gambar di bawah ini, silahkan klik Finish Printer registration
cara setting google cloud print
8.  Jika halaman sudah berubah seperti gambar di bawah ini, berarti printer siap digunakan menggunakan layanan Google Cloud Printer.  Kamu dapat mengizinkan orang lain untuk mencetak melalui printer kamu, namun mereka harus memiliki akun Gmail. Untuk menambahkan orang lain agar  bisa menggunakan printer kamu, silahkan klik tombol Manage your printers.
cara setting google cloud print
9.  Jika tampil halaman seperti gambar di bawah ini, klik tap Printers, arahkan mouse ke arah kanan sehingga muncul tulisan Auctions di sebelah kanan nama printer kamu , kemudian pilih Share.
cara setting google cloud print
10.  Setelah kamu pilih share akan muncul jendela seperti gambar di bawah ini, ketik alamat email teman (yang kamu izinkan untuk mencetak melalui printer kamu) pada kolom paling bawah, kemudian klik tombol Share.
cara setting google cloud print
11.  Email teman kamu akan masuk ke daftar yang diizinkan melakukan pencetakan pada printer kamu, seperti gambar di bawah ini, jika sudah, klik tombol Close.

cara setting google cloud print
itulah sedikit penjelasan bagaiman cara setting Google Cloud Print menggunakan printer clasic. Sekarang dan teman kamu bisa melakukan pencetakan dari mana saja asalkan terhubung ke jaringan internet dan pastinya printer dan komputer kamu harus dalam keadaan hidup.

 

Maaf untuk cara pencetakan menggunakan ponsel, tablet atau dari laptop via internet silahkan dicoba coba sendiri dulu, karena tablet saya sedang bermasalah. nanti kalo sudah normal akan saya buatkan panduannya.

 

5 Comments »

  1. e0n3 August 30, 2012 at 9:02 pm -

    http://www.microsoft.com/en-us/download/details.aspx?id=11816

    coba download dan install itu dulu bagi pengguna windows xp.. semoga berhasil

    ane setelah install ini printernya baru tersedia

  2. admin January 18, 2012 at 11:34 am -

    @Noe : printernya nyalain dulu mas.. kalo misalnya sudah nyala tapi gak muncul, coba dimatikan printernya trus nyalakan lagi.

  3. Noe January 18, 2012 at 11:28 am -

    q jg dah jalani semua intruksinya tapi daftar printernya kok g nongol.mohon penjelasanya. terimakasih

  4. admin October 3, 2011 at 5:43 am -

    @ Made : pastikan printernya udah dinyalakan yah…

  5. made October 3, 2011 at 12:54 am -

    bantuin dong gmn caranya setting krn printerku merk EPSON Stylus TX121 n ga ke detect pada saat di menuprinter yang muncul hanya Print to Google Docs,,,,,, padahal ud aku ikuti semua petunjuk add a classic printer….

Leave A Response »