Tips memilih komputer tablet layar sentuh yang baik

admin August 22, 2012 0


Pertimbangan membeli tablet

Banyak dari kita yang tergoda dengan promosi tablet atau komputer berlayar sentuh. Memang iklannya begitu genjar, ramai dan bersliweran dimana-mana. Apalagi jika ditambah dengan diskon, cicilan 0%, dan lain-lainnya. Rasanya setiap ada gadget terbaru, kita ingin membelinya. Namun jika anda memiliki dana yang terbatas, maka anda perlu mempertimbangkan baik-baik tentang gadget yang akan anda beli. Kesalahan membeli dapat berakibat fatal, karena anda sendiri pasti tahu bahwa “lepas segel” itu harga sudah turun hingga 30%. Oleh karena itu, dalam membeli gagdet khususnya komputer tablet, perlu adanya pertimbangan berikut ini:

pertimbangan memilih tablet

Sesuaikan dengan kebutuhan anda

Pikirkan kembali, apakah anda memang membutuhkan gadget tersebut? Apakah anda mendapatkan manfaat yang lebih besar dengan menggunakan tablet tersebut? Tablet anda gunakan untuk apa? Apakah yang anda inginkan ada dalam tablet tersebut? Jangan-jangan anda membeli hanya karena ingin tampil gaya saja. Ingat, anda hanya akan membuang waktu dan tenaga jika membelinya untuk bergaya saja. Paling tidak anda harus bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas dengan jawaban yang logis, baru anda memutuskan untuk membeli atau tidak berdasarkan pertimbangan tersebut.

Kecukupan dana yang anda miliki

Pertimbangan selanjutnya adalah masalah dana. Umumnya manusia selalu ingin mendapatkan yang terbaik dari dengan harga yang termurah. Namun dalam dunia elektronik, itu susah didapatkan, bahkan hampir tidak ada. Ada harga, ada kualitas, itulah istilahnya. Jika anda membeli tablet, lebih baik anda cukupkan dana untuk membeli yang berkualitas baik. Namun jika anda tidak cukup dana dan hanya ingin coba-coba, lebih baik membeli yang paling murah saja. Membeli dengan harga tanggung dan kualitas tanggung justru akan menyakiti hati anda.

Keberadaan layanan purna jual dan garansinya

Ini adalah bagian penting lainnya setelah anda memutuskan untuk membeli suatu produk tablet. Anda harus memilah bagaimana layanan purna jual mereka. Lihat apakah layanan pusat perbaikan atau service center mereka tersedia di kota anda atau tidak. Hal ini menjaga kemungkinan yang tidak diinginkan yakni tablet yang anda beli tidak bekerja sebagaimana mestinya alias rusak ketika masih berada dalam masa garansi. Pahami juga apa yang dijamin dan apa yang tidak dijamin dalam tablet tersebut. Yang terpenting dalam tablet adalah layar, maka garansi terhadap layar harus diperhatikan dengan teliti.

Permasalahan upgrade software

Anda harus mengerti tentang apa saja yang didukung oleh software dalam tablet anda. Misalnya anda membeli tablet dengan OS Android, yang sedang populer saat ini. Anda juga harus mengerti tentang tablet anda dapat diupgrade hingga versi berapa. Tidak asyik tentunya jika anda harus menggunakan OS Android tipe lama, sementara teman anda mendapatkan upgrade tipe baru. Perkembangan OS Android begitu cepat, sehingga jika tidak didukung pabrikan yang baik, tablet anda pasti akan ketinggalan jaman bahkan sebelum anda eksis di kalangan teman-teman ada.

Selain hal tersebut, anda perlu mempertimbangkan spesifikasi dari prosesor, RAM dan kapasitas penyimpanan. Selain itu secara fisik materi untuk casing juga perlu diperhatikan. Hal ini untuk menjamin kualitas secara keseluruhan. Bagaimana mungkin kualitas tablet baik jika casingnya saja serampangan, kasar dan tidak bagus? Oleh karena itu anda memang harus teliti sebelum membeli. (iwan)

 

Leave A Response »