Home / teknologi / Komputer / Yuk Kenali apa Kelebihan-kelebihan Windows 8 apa saja

Yuk Kenali apa Kelebihan-kelebihan Windows 8 apa saja

Kelebihan-kelebihan Windows 8

kelebihan windows 8

Mungkin anda pernah mendengar sistem operasi terbaru Windows 8 yang dioptimalkan untuk fungsi touchscreen membuat Windows 8 dipersiapkan untuk persaingan dengan sistem operasi yang digunakan untuk perangkat mobile dengan sistem touchscreen seperti iOS dan Android. Microsoft dengan Windows adalah penguasa desktop, sehingga Windows 8 tidak bisa dipandang sebelah mata begitu saja. Akan tetapi di sisi lain, Android dan iOS juga bukan pesaing yang remeh bagi Windows 8. Dikutip dari Techradar, ada beberapa keunggulan dari Windows 8 yang mungkin dapat memberikan tantangan bagi sistem operasi lainnya.

Keunggulan Windows 8: Konvergensi tablet dan laptop

Saat ini tablet dan laptop mulai berkonvergensi di berbagai produk keluaran pabrikan tertentu. Sepertinya Microsoft mempersiapkan Windows 8 untuk hal ini. Saat ini Apple belum memiliki strategi konvergensi dimana Apple tidak berani untuk melakukan kanibal produk seperti yang pernah terjadi pada iPod yang tertindas oleh iPhone. Mac Mini pun hadir untuk melindungi iMac, bukan mengantikannya. Sedangkan iPad belum ada tanda-tanda memasuki teritori yang dikuasai oleh MacBook. Sedangkan untuk Google sendiri, Chrome OS tidak siap untuk mendukung notebook, baru digunakan pada Chromebook. Android sendiri baru saja dikembangkan untuk tablet dan belum memiliki cukup pengalaman digunakan pada laptop.

Keunggulan Windows 8: User interface yang baik

Pada awalnya, antarmuka atau interface Windows 8 diberi nama Metro, namun diganti dengan nama “Modern” karena masalah hak paten. UI yang disajikan oleh Windows 8 memang benar-benar baru, meskipun belum sepenuhnya sempurna, namun dapat menghadirkan kesegaran bagi pengguna perangkat mobile. UI Windows 8 bisa dikatakan menghasilkan respon yang sebaik iOS namun dengan konfigurasi dan tenaga yang sebaik Android.

Keunggulan Windows 8: Dukurang terhadap arsitektur ARM dan x86

Masih banyak perdebatan mengenai mana yang lebih baik antara ARM dan x86. ARM unggul pada efisiensi daya sedangkan x86 memiliki kekuatan yang ada pada prosesor Intel pada umumnya serta kompatibel dengan semua software lama yang didesain untuk Windows 2007 atau sebelumnya. Oleh karena perdebatan tersebut, maka Windows 8 dibuat untuk mendukung kedua arsitektur CPU tersebut. Sistem operasi lain seperti Android memang ada yang bisa berjalan di x86, namun tidak selengkap dan sebaik Windows. Sedangkan untuk iOS, hanya mendukung arsitektur ARM saja.

Keunggulan Windows 8: Kompatibilitas dengan software lama

Hal ini memang hanya terjadi pada versi x86 saja, namun tidak terjadi pada Windows 8 RT. Akan tetapi ini tentu menjadi hal yang penting mengingat kebanyakan pengguna pada awalnya adalah pengguna x86. Dengan perbaikan yang tidak melupakan software lama dapat membuat Windows 8 menjadi pilihan yang menarik sebagai sistem operasi utama di perangkat mobile atau laptop.

Akan tetapi, meskipun banyak kelebihan yang ditawarkan, harus selalu diingat bahwa Windows 8 bukanlah sistem operasi yang bisa dikatakan sempurna. Misalnya untuk aplikasi yang memiliki dukungan layar sentuh tentu saja tidak sebanyak Android dan iOS. Hal ini wajar karena banyak pengembang yang sejak lama sudah bergabung untuk membaut aplikasi bagi iOS dan Android yang sudah lama dikembangkan. Bisa dikatakan bahwa Windows 8 adalah nafas baru bagi Microsoft yang mencoba merangkul perangkat mobile tanpa meninggalkan pasar PC. (iwan)

referensi : http://tekno.kompas.com/read/2012/10/28/13051026/Kelebihan.dan.Kekurangan.Windows.8.di.Mata.Developer

About admin

Check Also

pengertian virus komputer itu apa

Apa pengertian virus komputer itu? yuk simak di sini

Pengertian virus komputer Anda yang pernah menggunakan komputer tentu saja sering mendengar istilah virus komputer. …

One comment

  1. masa hanya gini saja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *