Iran: Malware Duqu Sudah Dapat Ditangani

admin November 14, 2011 0



Iran: Malware Duqu Sudah Dapat DitanganiBerita Teknologi. Pertengahan bulan Oktober, malware yang bernama Duqu menyerang program nuklir Iran. Dikabarkan AFP, Iran mengatakan pada hari Minggu mereka sudah dapat menangani malware tersebut.

Menurutnya, Duqu sangat mirip dengan virus Stuxnet yang telah menyerang program nuklir Iran pada tahun 2010, dan telah menginfeksi 30.000 komputer.

“Perangkat lunak untuk mengendalikan virus (Duqu) telah dikembangkan dan dibuat tersedia untuk organisasi dan perusahaan” di Iran, kepala pertahanan sipil Brigadir Jenderal Gholamreza Jalali mengatakan kepada kantor berita resmi IRNA.

“Pembersihan (proses) sedang dilakukan dan organisasi yang telah ditembus oleh virus tersebut sudah dalam kendali… Unit Cyber ​​pertahanan bekerja siang dan malam untuk memerangi serangan cyber dan mata-mata (komputer) virus,” tambahnya.

Symantec melaporkan pada pertengahan bulan Oktober, Duqu telah menyerang berbagai negara antara lain Iran, Perancis, Inggris dan India.

Virus menyerang melalui celah keamanan yang tidak diketahui di mesin font-parsing Windows untuk menanamkan kode berbahaya di jantung sistem komputer, menurut Microsoft.

Kemiripan antara Duqu dan Stuxnet menimbulkan spekulasi bahwa dibalik serangan tersebut adalah pihak yang sama, tetapi belum ada bukti yang menunjukkan hal tersebut.

Duqu mirip dengan Stuxnet tetapi Duqu dirancang untuk mengumpulkan informasi intelejen untuk serangan masa depan pada sistem kontrol industri.

Stuxnet dirancang untuk menyerang sistem kontrol komputer yang dibuat oleh industri raksasa Jerman Siemens dan biasa digunakan untuk mengelola pasokan air, sumur minyak, pembangkit listrik dan infrastruktur penting lainnya.

Stuxnet banyak ditemukan di Iran, ini menimbulkan spekulasi bahwa virus tersebut sengaja dibuat untuk menyabotase program nuklir Iran.

The New York Times melaporkan pada Januari bahwa AS dan intelijen Israel berkolaborasi untuk mengembangkan worm komputer untuk menyabotase upaya Iran untuk membuat bom nuklir.

 

Leave A Response »