Home / teknologi / Komputer / Cara Memilih Antivirus Berkualitas

Cara Memilih Antivirus Berkualitas

Cara Memilih Antivirus Berkualitas

Antivirus fungsi utamanya adalah untuk mencegah dan membersihkan malware di dalam perangkat komputer, laptop, dan yang lainnya. Menentukan antivirus berkualitas memang bisa dilihat dari harganya. Antivirus premium biasanya lebih baik daripada antivirus gratis. Namun antivirus premium juga sangat beragam, jadi anda harus memilihnya secara cermat.

Cara Memilih Antivirus Berkualitas
Cara Memilih Antivirus Berkualitas

Berikut adalah beberapa tips penting untuk memilih antivirus berkualitas. Yang pertama adalah lihat seberapa kemampuan software tersebut dalam membersihkan virus. Saat ini antivirus hadir dengan berbagai macam fitur, mulai dari pendeteksian, pembersihan, pemblokiran, dsb. Dari sekian banyak fitur yang terdapat di dalam antivirus, anda bisa memperhatikan fitur pembersihannya. Yang mengkhawatirkan adalah jika sebuah antivirus salah menentukan file virus dan menghapus data-data anda yang berharga. Nah, anda harus tahu ekstensi apa yang dianggap “membahayakan” oleh antivirus tersebut. Jangan sampai file yang bersih jadi corrupt karena salah memilih antivirus. Ini biasanya terjadi karena antivirus keliru di dalam proses scanning dan menindak file-file yang bukan virus.

Anda bisa melakukan pengecekan sendiri atau membaca review dari orang yang telah memakai antivirus tersebut. Silakan jalankan antivirus tersebut dan lihat file apa saja yang masih ke dalam daftar “terdeteksi virus”. Jika semua yang terdeteksi memang diduga virus, maka itu berarti software sudah menjalankan tugasnya dengan baik. Sementara jika ada banyak file yang “sehat” ikut terjaring, mungkin ada masalah dengan antivirus tersebut. Silakan anda coba antivirus lainnya. Hal penting lain perlu diperhatikan dalam memilih antivirus berkualitas adalah melihat kinerjanya dalam membersihkan. Setelah anda menekan tombol bersihkan, scan ulang komputer anda apakah sudah benar-benar terbebas dari virus tersebut atau tidak. Seringkali setelah antivirus membersihkan virus secara tuntas, namun setelah diuji dengan software lain, virus tersebut masih ditemukan.

Pertimbangan lain dalam memilih antivirus berkualitas adalah kecepatan. Ada beberapa antivirus yang membutuhkan waktu lama untuk melakukan pengecekan file. Namun yang menjadi masalah adalah waktu yang lama tidak menjadi jaminan sebuah antivirus bekerja maksimal. Ada antivirus ringan yang justru bekerja lebih baik dalam menyaring, menganalisa, dan membersihkan file bervirus. Masalah lain yang sering muncul adalah komputer menjadi lambat setelah anda menjalankan antivirus tertentu. Ini tidak hanya merugikan anda secara waktu, namun juga membuat frutrasi apalagi kita sering melihat komputer nge-lag dan lambat.

Antivirus ringan tidak berarti lebih buruk daripada antivirus berat. Oleh sebab itu anda perlu melakukan pengetesan secara langsung untuk mengetahui antivirus mana yang paling baik dari segi kinerja dan konsumsi waktu. Berikutnya anda juga harus melihat seberapa detil laporan scan yang diberikan oleh antivirus tersebut. Setiap antivirus memiliki cara berbeda dalam menampilkan hasil pemindaian virus. Dari sana anda bisa mengetahui antivirus mana yang memang kompeten dalam memeriksa virus dan mana yang mendeteksi terlalu umum. Memang banyak dari kita yang tidak terlalu mempedulikan soal laporan. Namun ini penting terutama jika anda ingin mengetahui jenis virus apa yang telah menginfeksi komputer anda. Setiap antivirus memiliki database virus yang berbeda-beda. Semakin luas database-nya, semakin banyak pula virus bisa dideteksi dan dibersihkan. Ini akan memberikan perlindungan terbaik kepada komputer anda.

Sekian cara memilih antivirus berkualitas. Semoga bermanfaat untuk anda.

About admin

Check Also

pengertian virus komputer itu apa

Apa pengertian virus komputer itu? yuk simak di sini

Pengertian virus komputer Anda yang pernah menggunakan komputer tentu saja sering mendengar istilah virus komputer. …

4 comments

  1. Sangat menginspirasi. :)

  2. thanks ya tas tipsnya sangat penting dan menambah pengetahuan kita tentang kesehatan.

  3. satu perajaran dari artikel yang anda tulis, saya ucapakan banya terimakasih mungkin tidak hanya bermanfaat bagi saya akan tetapi bermanfaat untuk semua orang juga .
    kunjungan balik blog
    haturnuhun :D

  4. nanti install anti virus jika merasa pc terinfeksi…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *