Cara membuat hotspot pada wifi laptop dengan aplikasi – Wipeer

admin December 24, 2010 24


Dengan bantuan sebuah aplikasi khusus yaitu wipeer kita bisa menjadikan wifi pada laptop kita berfungsi seperti access point router. Jadi seperti halnya sebuah akses point sungguhan kita bisa berbagi koneksi internet kepada teman kita yang juga menggunakan laptop, atau dalam pengertian lain kita bisa membuat hotspot hanya bermodal wifi pada laptop kita. Tapi karena yang digunakan adalah laptop jadi laptopnya harus dinyalakan terus, kalo laptopnya dimatikan hotspotnya juga akan mati. Membuat hotspot dengan wifi laptop ini hanya cocok untuk keperluan sementara saja tidak untuk terus terusan. Jangan berfikir akan menggunakan laptop kamu sebagai perangkat hostpot betulan yang digunakan terus menerus, kasihan  laptopnya.

pada panduan membuat hotspot dengan laptop ini pertama yang harus disiapkan tentunya laptop yang sudah ada wifinya, kemudian aplikasi khusus untuk mempermudah membuat hotspot pada laptop, yaitu Wipeer, klik di sini untuk mendownloadnya. kemudian install aplikasi tersebut dengan cara seperti biasanya. jika sudah terinstal pada laptop kamu ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1.  Langkah pertama pastikan wifi pada laptop kamu sudah aktif, kemudian buka aplikasi wipeer. Biasanya saat pertama kali membuka diminta memasukkan  Wipeer name, masukkanlah wipeer name sesuka hatimu.

cara membuat hotspot pada wifi laptop dengan aplikasi -wipeer

2. Kemudian setelah masuk pada halaman utama Wipeer, silahkan klik pada menu File, kemudian pilih Connect Options
cara membuat hotspot pada wifi laptop dengan aplikasi -wipeer
3.  Setelah muncul jendela Network Configuration seperti gambar di bawah ini, klik pada Specify parameters,
cara membuat hotspot pada wifi laptop dengan aplikasi -wipeer
4.  Lalu lengkapilah network parameternya, SSID masukan nama hotspot yang nantinya dikenal oleh pengguna lain, IP pilih Automatic saja biar gampang,  untuk security pilih pada key kemudian masukkan angka atau hurus sesuai dengan seleramu, jika security ini kamu aktifkan maka nanti jika ada yang mengakses hotspot harus memasukkan Key yang kamu buat ini, atau jika tidak ingin menggunakan key juga bisa, pilih saja yang Non secured. jika sudah diisi semua parameternya, klik tombol OK.

cara membuat hotspot pada wifi laptop dengan aplikasi -wipeer

5.  Nanti akan kembali ke jendela Network configuration, klik pada tombol Connect
cara membuat hotspot pada wifi laptop dengan aplikasi -wipeer

6.  Kemudian tampilkan Wireless network kamu, jika belum muncul silahkan klik pada Refresh network list.  Sesaat kemudian akan tampil sebuah koneksi dengan nama yang kamu buat pada langkah ke empat tadi. Pada koneksi tersebut tertulis Not Connected, itu karena belum ada laptop lain yang terhubung dengan laptop yang kamu setting ini. (untuk laptop yang kedua, ketiga dan seterusnya tidak perlu disettting, cukup satu laptop ini saja yang dijadikan hotspot)
cara membuat hotspot pada wifi laptop dengan aplikasi -wipeer

7. Jika wireless sudah berhasil disetting, sekarang saatnya mengatur sharing koneksi internet, agar bisa digunakan bersama sama lewat hotspot.  kumulai dengan membuka network connections kamu, pilih pada koneksi internet yang kamu gunakan, kemudian klik kanan mouse kamu, lalu pilih pada properties.
cara membuat hotspot pada wifi laptop dengan aplikasi -wipeer

8.   nanti akan muncul koneksi protertis seperti gambar di bawah ini, silahkan pilih pada tab advanced,  beri centang pada Allow other network …., pada home network connectionnya pilih pada wireless network connection, jika sudah diatur semua sesuai dengan contoh gambar ini, silahkan klik pada OK. jika nanti ada pertanyaan sesuatu tinggal klik saja YES.

cara membuat hotspot pada wifi laptop dengan aplikasi -wipeer
klik pada tombol YEs. cara membuat hotspot pada wifi laptop dengan aplikasi -wipeer

Jika semua pengaturan setting telah diatur dengan benar. silahkan coba akses hotspot yang baru jadi ini dengan laptop yang lain. InsyaAlloh nanti akan muncul  di list wireless networnya. Silahkan klik connect dan masukkan kode key yang kita buat pada langkah paling awal tadi.

cara membuat hotspot pada wifi laptop dengan aplikasi
Koneksi wifi berjalan dengan baik ditandai dengan icon kecil wifi yang ada pada pojok kanan bawah panel bar,  seperti gambar di bawah ini
cara membuat hotspot pada wifi laptop dengan aplikasi -wipeer

Bagaimana? cukup mudah jelas panduannya? semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi sesama, selamat mencoba. Sekarang bisa hotspotan dengan teman teman dengan biaya sangat murah deh… Oh iya perlu diingat pula,  semakin banyak yang mengakses internet lewat hotspotmu wajar jika nanti akses internetnya juga akan semakin lambat.

 

24 Comments »

  1. Reyang October 28, 2012 at 12:04 am -

    leptop lain kagak bisa connect boss signalnya kagak ada cuma nama doang yang ada di wifi leptop lain
    yang ada signalnya si buatnya wkwkwkkkk :D
    mantap gan !

  2. admin September 29, 2012 at 6:16 pm -
  3. rafly dwi anggoro September 29, 2012 at 5:10 pm -

    ini cuma seperti adhoc ya mas

  4. Ari June 25, 2012 at 6:07 pm -

    Bisa ga ya kalo jaringan internet yang aku pake via LAN trus mo sharing internet via wifi..
    Trims

Leave A Response »