Home / teknologi / Komputer / Apa pengertian virus komputer itu? yuk simak di sini

Apa pengertian virus komputer itu? yuk simak di sini

Pengertian virus komputer

pengertian virus komputer itu apa

Anda yang pernah menggunakan komputer tentu saja sering mendengar istilah virus komputer. Virus komputer adalah sebuah program atau aplikasi yang berjalan diatas sistem operasi secara otonom tanpa ijin pengguna komputer, yang umumnya digunakan untuk melakukan perusakan perangkat lunak sistem komputer yang dihinggapinya. Aplikasi seperti ini dinamakan virus karena cara kerjanya sama persis seperti virus yang menyerang manusia, yakni bekerja dalam diam dan merusak. Alasan lainnya disebut virus adalah tidak lain karena virus komputer juga menular dan dapat menggandakan dirinya sendiri menjadi banyak aplikasi. Dengan jumlah yang banyak itu virus lalu menyerang sistem perangkat lunak komputer. Terkadang ada virus yang dilengkapi dengan akses menuju perangkat keras. Akibatnya, komputer yang terserang bisa mengalami error, mulai dari hang hingga kerusakan secara permanen.

Lebih dekat dengan virus komputer

Munculnya virus komputer tentu saja bersamaan dengan adanya program komputer itu sendiri, utamanya ketika sistem operasi Windows dikembangkan dari DOS. Virus pada dasarnya adalah sebuah aplikasi yang dibuat oleh seseorang. Virus muncul dikarenakan ada sebagian orang yang ingin merusak sistem operasi Windows atau memanfaatkan celahnya untuk mencuri data-data penting. Fungsi virus komputer itu bermacam-macam, mulai dari meng-hack komputer, melemahkan penjualan Windows dan paling utama adalah meningkatkan penjualan antivirus. Memang hal ini adalah efek samping dari berkembangnya Windows yang dipakai banyak desktop di dunia. Dimana ada perusak, pasti ada yang mencegahnya. Program pencegah atau antidot itu adalah antivirus. Namun pertumbuhan virus sekarang ini semakin canggih. Banyak pembuat virus yang sengaja berlomba membuat virus yang sulit diatasi antivirus dengan tujuan yang beraneka ragam. Kebanyakan dari mereka hanya ingin unjuk gigi karena bisa membaut komputer orang lain rusak atau datanya hilang.

Virus lokal hingga internasional

Varian virus komputer itu bermacam-macam, mulai dari Botox, Trojan, malware dan sebagainya. Ada yang melakukan perusakan secara langsung, ada yang tidak langsung atau digunakan untuk melakukan pencurian data. Virus seperti trojan dan malware pada umumnya digunakan untuk mencuri data dengan memeriksa file pada suatu komputer lalu mengirimkannya pada server tertentu. Virus ada yang mereplika dirinya sendiri sehingga memenuhi sistem dengan replikanya yang semua berjalan sehingga memenuhi sistem hingga komputer menjadi hang. Ada pula virus yang menyembunyikan file atau mengisi harddisk sehingga tiba-tiba kepenuhan.

Selain virus yang disebutkan diatas, ada juga virus lokal yang juga beraneka macam. Terkadang virus lokal tersebut adalah turunan dari virus internasional. Hal ini dikarenakan ada forum khusus yang membahas virus. Di dalam forum tersebut terkadang mereka saling berbagi kode sumber virus. Virus lokal pada umumnya dibuat atau dimodifikasi oleh cracker lokal dengan tujuan tidak dapat dideteksi oleh antivirus yang hanya mengenali virus internasional. Maka dari itu, banyak pula orang Indonesia yang membuat antivirus lokal untuk mengatasi virus-virus seperti ini. Antivirus ini misalnya adalah Ansav dan Smadav.

Ada baiknya anda menginstall dua buah antivirus, yakni antivirus lokal dan internasional untuk menangani masing-masing virus. Namun resikonya adalah komputer menjadi sedikit lebih berat. Selain itu tidak semua antivirus internasional cocok berjalan bersamaan dengan antivirus lokal. Anda bisa melakukan pencarian di internet antivirus apa saja yang cocok dipasangkan. Semoga bermanfaat. (iwan)

referensi : http://infoting.blogspot.com/2011/06/pengertian-virus-komputer.html

About admin

Check Also

kelebihan windows 8

Yuk Kenali apa Kelebihan-kelebihan Windows 8 apa saja

Kelebihan-kelebihan Windows 8 Mungkin anda pernah mendengar sistem operasi terbaru Windows 8 yang dioptimalkan untuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *