Home / teknologi / kamera / Istilah-istilah Penting untuk Kamera Digital

Istilah-istilah Penting untuk Kamera Digital

Istilah-istilah Penting untuk Kamera Digital

Kamera digital terdiri atas banyak bagian walaupun dari luar terlihat sangat sederhana. Setiap kamera memiliki spesifikasi berbeda, dan ini nantinya akan menentukan kualitas pengambilan gambar dan harga dari kamera tersebut. Dengan memahami spesifikasi dari sebuah kamera, anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan. Yang pasti adalah setiap kamera pasti memiliki lensa. Lensa merupakan sebuah kaca atau plastik di dalam sebuah kamera. Tugasnya adalah untuk mengarahkan cahaya yang masuk ke dalam kamera hingga membentuk sebuah gambar. Dan bagian ini akan sangat mempengaruhi berbagai fitur lain, seperti panjang focal, zoom, dll.

Istilah-istilah Penting untuk Kamera Digital

Istilah penting untuk kamera digital yang pertama adalah panjang Focal. Ini menunjukkan jarak antara tengah lensa dengan titik focal pada sebuah kamera. Mengetahui panjang focal sangat penting karena itu akan mempengaruhi berapa kali subjek bisa diperbesar. Jenis lensa akan secara langsung mempengaruhi panjang focal. Misalnya saja kamera wide angle biasanya memiliki panjang focal yang kecil, sementara yang lebih besar dimiliki oleh lensa telefoto. Salah satu tips terpenting untuk menentukan waktu exposure yang anda butuhkan untuk panjang focal adalah 1 dibagi panjang focal. Misalnya sebuah kamera memiliki panjang focal 250 mm, maka waktu eksposur yang ideal adalah 1/250 detik.

Istilah penting untuk kamera digital yang kedua adalah lensa zoom. Ini juga merupakan bagian vital dari sebauh kamera. Lensa zoom akan membantu anda untuk menyesuaikan titik focal dari sebuah gambar sehingga anda bisa menciptakan perspektif yang berbeda-beda. Satuan yang dipakai untuk lensa zoom adalah X, misalnya 4X atau 5X. Makna dari angka ini adalah anda bisa melihat subjek 4 atau 5 kali lebih dekat. Perlu anda ketahui bahwa zoom digital berbeda dengan zoom optik. Zoom digital tidak memakai lensa, namun memakai software yang terinstal di dalam kamera digital. Ini hanya memberikan kesan gambar yang diperbesar, namun pada jarak tertentu akan terlihat pecah dan kurang jelas.

Anda mungkin sering mendengar ISO, ini juga merupakan istilah penting untuk kamera digital. ISO memiliki arti seberapa sensitif gambar terhadap cahaya. Ukuran ISO biasanya 100, 200, 400, dan 800. Anda bisa mengaturnya langsung dari kamera. Semakin rendah ISO, semakin bagus juga kualitas gambar yang dihasilkan. Seringkali kecepatan ISO pada kamera mencapai 1600. Angka ini paling cocok untuk pemotretan di dalam ruangan atau di tempat-tempat minim cahaya. Jika anda memakai ISO yang tinggi pada tempat yang terang, hasil foto akan terlihat kasar. Untuk memudahkan tugas anda, silakan pakai mode otomatis. Dengan begini anda tidak perlu lagi repot karena kamera akan menyesuaikan ISO sendiri.

Kecepatan pembidikan juga hal penting dalam memilih sebuah kamera digital. Ini merupakan fitur yang bisa bekerja secara otomatis. Kecepatan pembidikan adalah lamanya waktu yang dibutuhkan untuk shutter terbuka. Kecepatan pembidikan / shutter diukur dalam detik. Semakin besar penyebut, maka semakin cepat shutter-nya (contoh, 1/500 lebih cepat dari 1/100). Shutter pendek paling cocok untuk memotret objek yang bergerak. Sebaliknya, shutter yang panjang lebih cocok untuk objek tidak bergerak atau objek yang bergerak lambat.

Nah, sekian informasi tentang istilah-istilah penting untuk kamera digital. Semoga bermanfaat untuk anda.

About admin

Check Also

Sony Cyber-shot terbaru DSC-WX10, DSC-TX100V, DSC-HX7V, DSC-TX10, DSC-WX9

Berita teknologi terbadi. Sony hadirkan seri cyber-shot  yang mampu untuk merekam 1080/60p, kamera kebanggan pertama …

One comment

  1. Kunjungan sore blog
    Sangat insviratif dan bermanfaat untuk saya baca Terimakasi suda membaerikan informasi.
    Masuk balik blog saya juga .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *