Youtube sekarang memiliki fitur pengaburan wajah

fitur pengaburan wajah di youtube

Sekarang ini siapa saja dapat membuat dan mempublikasikan video. Dengan modal kamera ponsel dengan spesifikasi minimum sekalipun kita dapat membaut video sendiri. Namun masalah kemudian muncul, di area public bisa saja orang yang kita ambil videonya tidak terima dan menuntut kita. Beberapa orang beralasan bahwa keberadaannya di suatu tempat juga merupakan sebuah privasi. Jika anda tidak ingin timbul masalah, satu-satunya cara adalah mengaburkan kepala atau tubuh orang-orang yang menurut anda tidak perlu ada di dalam video tersebut. Selain itu pakaian yang tidak pantas juga diperlukan pengaburan pada bagian vital supaya video anda masuk ke dalam kategori yang aman.
fitur pengaburan wajah di youtube
Penyamaran ini berguna untuk menutup privasi orang yang mungkin tidak ingin dirinya masuk video tersebut namun secara bersamaan kita tidak bisa mengambil video tanpa orang itu ada disana. Misalnya dalam sebuah kasus kecelakaan atau peristiwa di jalan. Namun akan menjadi sulit jika anda tidak memiliki penyunting video atau kemampuan untuk menyunting video. Apakah kita akan berhenti untuk mengunggah video kita ke Youtube? Tentu saja tidak. Saat ini Youtube telah mengeluarkan sebuah fitur baru yang diberi nama “visual anonimitas” pada situs berbagi video yang populer di seluruh dunia ini. Dengan fitur ini pengguna Youtube dapat menjaga identitas mereka dengan mengaburkan wajah-wajah tertentu sesuai setelan yang diminta oleh pengunggah video.

Teknologi ini masih baru, sehinga Youtube memperingatkan akan adanya kemungkinan kesalahan pendeteksi wajah. “Teknologi ini termasuk baru, kemungkinan masih kesulitan dalam mendeteksi wajah bergantung dari sudut, pencahayaan, hambatan dan kualitas video,” demikian tulis manajemen Youtube melalui blog resmi Youtube yang dilansir oleh DigitalSpy pada hari ini (19/07). Dikatakan pula bahwa ini adalah cara untuk menjaga hak asasi orang ketika menampilkan video pada jejaring sosial video macam Youtube, namun juga sekaligus melindungi seseorang dari kemungkinan yang tidak baik bagi dirinya dan orang lain.

Seperti diketahui, Youtube memang merupakan situs sharing video yang paling populer saat ini. Baru-baru ini situs ini membuka peluang adanya laporan jurnalisme warga untuk melaporkan apa yang terjadi di lingkungan mereka. Fitur terbaru ini diluncurkan untuk melengkapi tantangan Youtube kepada netter untuk melaporkan keadaan lingkungannya. Dalam laporan itu, mungkin ada pihak yang tidak ingin dirinya tampil. Keputusan Youtube ini menyusul dari sebuah studi yang menyatakan bahwa Youtube telah menjadi media utama untuk menyaksikan berita. (iwan)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *