Tips memilih modem wireless atau perangkat Access Point

Tips memilih modem wireless atau perangkat Access Point

Tips memilih modem wireless atau perangkat Access Point

Untuk anda yang sudah memilih wireless atau Wi-Fi sebagai pilihan untuk koneksi internet anda, maka anda harus memperhatikan pemilihan perangkat yang akan anda gunakan. Jangan tergoda oleh banyak merek, namun anda harus memperhatikan betul tentang kebutuhan anda. Jangan sampai anda menyesal telah membeli suatu modem atau perangkat wireless namun tidak mendapatkan hasil sesuai yang diinginkan. Berikut adalah beberapa tips dalam memilih modem atau perangkat wireless.

  1. Cari tahu apakah modem yang akan anda beli itu kompatibel dengan jaringan internet yang ditawarkan oleh provider. Jangan sampai anda membeli modem wireless namun tidak bisa dipakai untuk terkoneksi. Hal ini membuang uang, tenaga dan waktu anda. Tanyakan kepada provider seperti apa spesifikasi modem nirkabel yang cocok dengan jaringan mereka. Setelah anda mengetahui spesifikasinya, anda bisa mencari jenis dan mereknya di internet. Lalu mulai mencari barang tersebut, entah secara online maupun offline.
  2. Carilah dengan harga termurah meskipun hal ini tidak gampang. Umumnya untuk barang elektronik itu ada harga ada kualitas. Kualitas yang baik tentu harganya lebih mahal. Namun anda bisa melakukan perbandingan antara toko satu dengan yang lain pada modem yang merek dan serinya sama, pasti ada perbedaan harga. Yang paling gampang adalah anda bisa melakukan ini secara online. Namun hati-hati dengan website yang menawarkan modem dengan harga yang lebih murah terpaut jauh dari harga normal.
  3. Jika anda kesulitan dengan cara nomer dua, anda bisa melihat review pada website, blog atau majalah komputer. Bila anda kurang puas, anda bisa mengunjungi forum yang membahas tentang modem sekaligus mencari review mengenai modem yang terbaik di pasaran.
  4. Fitur modem wireless yang baik adalah yang memiliki fitur standar seperti USB, Ethernet, Enkripsi data untuk keamanan dan kompatibel dengan Windows dan Mac. Periksalah hal-hal tersebut pada modem nirkabel yang anda beli. Jika ada kekurangan, jangan anda membelinya meskipun harganya murah. Hal ini dapat membuat anda menyesal di kemudian hari.
  5. Anda perlu tahu bahwa ada dua jenis modem nirkabel, yakni internal dan eksternal. Supaya tidak salah beli, lebih baik anda memeriksa laptop atau PC anda mengenai jenis modem yang bisa disupport. Misalnya laptop anda hanya memiliki port USB saja, tanpa port PCMCIA, maka anda harus membeli modem yang menggunakan port USB, bukan PCMCIA.
  6. Sesuaikan modem nirkabel dengan kecepatan transfer data pada jaringan anda. Hal ini dimaksudkan supaya modem dapat berfungsi maksimal. Jika jaringan anda berada pada kecepatan 54Mbps (IEEE 802.11g) jangan membeli modem yang hanya berada pada mode 11Mbps (IEEE 802.11b) saja. Hal ini akan membuat jaringan anda menjadi lambat.
  7. Modem yang anda beli harus sudah mendukung fitur keamanan data nirkabel seperti WEP dan WPA yang merupaka fitur standar dalam pengamanan data di Wi-Fi.
  8. Jangan melupakan untuk bertanya mengenai garansi modem nirkabel yang anda beli. Tanyakan juga mengenai syarat dan ketentuan yang berlaku terhadap garansi tersebut. Hal ini untuk mencegah kesalahpahaman di kemudian hari antara anda dan penjualnya.

Demikianlah tips membeli modem wireless agar anda mendapatkan perangkat yang berkualitas dengan harga yang sepantasnya. Yang paling penting adalah jangan membeli modem nirkabel sembarangan dari penjual yang tidak jelas asal-usulnya. Selamat berbelanja! (iwan)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *