Tips Cara mengelola banyak email

Punya alamat email Cuma satu buah terkadang masih kurang, tapi kalau kebanyakan juga bingung mengelolanya. Bahkan terkadpang sampai lupa beberapa alamat emailnya. Kalau yang lupa itu hanya email yang tidak begitu penting mungkin tidak jadi masalah, tapi jika email yang lupa itu sangat penting, misalnya digunakan sebagai registrasi pada layanan tertentu, sebagai contoh digunakan untuk membeli sebuah domain atau hosting, kemudian saat tiba untuk membayar biaya perpanjangan, kita lupa membuka email yang digunakan untuk mendaftar tersebut, sehingga peringatan perpanjangan tidak kita ketahui. Jika ada kejadian seperti itu cukup merepotkan juga kan?
Nah di sini akan saya berikan sedikit tips, meskipun tips ini terbilang sangat sederhana tapi kadang juga diremehkan. Tips nya adalah dengan cara menggunakan layanan email yang terdapat fasilitas penerusan email, misalnya seperti layanan email yang disediakan oleh google.com yaitu Gmail.

Cara kerjanya begini, pada email-email yang jarang kamu buka atau tidak pernah kamu buka, pada setting penerusan emailnya kamu arahkan ke satu alamat email yang sering kamu buka, atau pada email utama kamu, sehingga jika ada email masuk pada email yang jarang kamu buka, nanti secara otomatis akan dikirim juga ke alamat email yang selalu kamu buka. Dengan cara seperti itu kamu tidak perlu bingung membuka semua email kamu satu per satu, karena semua sudah mengarah ke email utama kamu.

Jika kurang paham cara merubah setting penerusannya, dibawah ini adalah panduan cara penerusan email pada layanan email dari Gmail :

1. Yang paling pertama dilakukan tentunya adalah dengan membuka dulu email milikmu yang ingin kamu arahkan kan ke email utama
2. Arahkan pandanganmu pada pojok kanan atas jendela email kamu
Jika kamu menggunakan jendela gmail dalam versi baru klik Link Pengaturan

Cara mengelola Banyak email

Gambar 1

Tapi jika kamu menggunakan jendela gmail versi lama, kamu klik Acuan Email

cara mengelola banyak email
Gambar 2

Setelah kamu klik pengaturan atau acuan email, kamu akan menemui halaman seperti gambar di bawah ini

cara mengelola banyak email
Gambar 3

3. Jika kamu sudah menemui seperti gambar diatas, kamu klik menu “Meneruskan dan POP/IMAP”

cara mengelola banyak email
Gambar 4

Seperti yang tertera pada gambar diatas, klik pada opsi “teruskan salinan kotak masuk ke” lalu masukkan alamat email utama kamu. Sehingga setiap email masuk ke email yang kamu setting ini, akan secara otomatis juga terkirim ke kotak masuk email utama kamu.

4. Sudah selesai …. Cuma gitu acara caranya… sederhana kan?

Facebook Comments

5 comments

  1. Rosyidi

    Yup. Aku dah coba untuk 6 emailku sekaligus, Sayangnya yahoo gak bisa. Makanya aku paling males pake yahoo. :kesel:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *