Seelio, aplikasi penyusun portfolio mahasiswa

seelio

seelio

Apa yang anda lakukan jika anda akan melamar pekerjaan? Tentunya membuat resume atas diri anda. Membuat resume yang sesuai standar tentunya memang hal yang melelahkan. Namun jangan khawatir, saat ini sudah ada start up bernama Seelio yang menawarkan layanan TruApp yang ditujukan untuk mempermudah mahasiswa dalam menyusun portfolio dan resume. Namun saat ini layanan ini hanya terbuka untuk semua orang yang memiliki alamat email dengan domain berakhiran .edu. Seperti yang dikutip dari TechCrunch pada Rabu (22/08), portfolio dan resume ini akan mudah dicari oleh pada perekrut dari perusahaan dengan menargetkan kata kunci sesuai dengan potensi yang dicari dari pelamar. TruApp ini pada awalnya ada di University of Michigan, dimana di dalamnya terdaftar sekitar 1.600 mahasiswa dan 170 perusahaan, bersamaan dengan peluncuran ulang dengan nama Seelio.

Start up ini didirikan pada awal Januari 2012 lalu yang digawangi oleh Moses Lee, David Jsa dan Jerry Wang. Mereka berpikir bahwa pasar untuk menggarap soal resume dan portfolio terutama untuk mahasiswa ini masih terbuka lebar. Hal ini membuat mereka mencoba membuat sebuah platform yang bisa membantu mahasiswa untuk menunjukkan kepribadian aslinya, kemampuan dan apa saja pencapaiannya kepada para perekrut. Hal ini dijelaskan oleh Moses Lee dalam wawancara kepada TechCrunch pada hari yang sama. Lee menambahkan bahwa platform portfolio tradisional dirancang untuk para desainer. Sedangkan Seelio membangun sistem portfolio untuk semua mahasiswa perguruan tinggi. Siapapun dapat menggunakannya dengan cara menciptakan materi digital yang berguna meningkatkan prospek pekerjaan mereka. Pada halama profil mahasiswa, pengguna bisa menunjukkan pekerjaan yang pernah dan telah diselesaikan sepanjang masa kuliah, bahkan menambahkan mahasiswa lain sebagai rekan.

Hal lainnya yang menarik dari Seelio adalah penyertaan secara langsung pencari kerja dan pemberi kerja dalam satu jaringan. Konsep ini mirip sekali dengan situs pencari kerja. Dengan cara ini Seelio dapat membantu perekrut untuk menemukan lulusan muda dengan lebih mudah. Hal ini dimulai Seelio dengan memungkinkan perusahaan untuk membuat profil dan menyediakan dukungan lebih dari satu perekrutan. Profil pelajar maupun perusahaan dapat digunakan tanpa biaya. Namun ada biaya yang harus dikeluarkan jika perusahaan ingin mengirim pesan dan mengunggah lowongan pekerjaan. Biaya yang dikenakan untuk berkirim pesan adalah sekitar 50 dolar Amerika Serikat tiap bulan. Sedangan untuk mengunggah lowongan pekerjaan adalah sekitar 150 dolar Amerika Serikat. Nah, anda berminat? Mungkin idenya bisa anda kembangkan di Indonesia. Selamat mencoba! (iwan)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *