Pengertian dan Pengenalan Fiber Optic atau Serat Optik

admin January 19, 2010 7


Pengertian fiber optic

pengertian fiber optic atau serat optik adalah jenis kabel yang bahannya terbuat dari serat kaca dan mempunyai kecepatan tranfer data yang tinggi, kabel fiber optic atau serat optik umumnya digunakan oleh penyedia layanan internet (ISP) untuk terhubung ke backbone NAP (Network Access Provider)

pengertian fiber optic

pengertian fiber optic

Supaya lebih jelas mengenai cara kerja serat optik atau fiber optic silahkan perhatikan gambaran umum sistem transmisi fiber optik  berikut ini :

Pada komunikasi fiber optik, sinyal yang digunakan adalah dalam bentuk digital, sedangkan penyaluran sinyal melalui serat optik adalah dalam bentuk pulsa cahaya. Pulsa cahaya diperoleh dari proses memodulasi sinyal informasi dalam bentuk digital kedalam suatu komponen sumber optik. Proses ini terjadi pada arah kirim, sedangkan pada arah terima melalui detektor optik, pulsa cahaya diubah kembali dalam bentuk sinyal digital.

Bila jarak antara stasiun pengirim dengan stasiun penerima berjauhan, sinyal pulsa cahaya yang ditransmisikan akan mengalami proses pelemahan yang disebabkan adanya rugi-rugi yang timbul selama proses pengiriman sesuai dengan panjang dan jenis saluran optik yang digunakan. Untuk mengatasi hal tersebut pulsa cahaya akan diregenerasikan sesuai dengan keadaan pada saat pengiriman. Proses ini terjadi pada stasiun pengulangan.

Kelebihan Fiber Optic

Jika dibandingkan dengan kabel jenis bahan lainnya, fiber optic memiliki kelebihan, antara lain sebagai berikut :

1. Lebar jalur besar dan kemampuan dalam membawa banyak data, dapat memuat kapasitas informasi yang sangat besar dengan kecepatan transmisi mencapai gigabit-per detik dan menghantarkan informasi jarak jauh tanpa pengulangan
2. Biaya pemasangan dan pengoperasian yang rendah serta tingkat keamanan yang lebih tinggi
3. Ukuran kecil dan ringan, sehingga hemat pemakaian ruang
4. Imun, kekebalan terhadap gangguan elektromagnetik dan gangguan gelombang radio
5. Non-Penghantar, tidak ada tenaga listrik dan percikan api
6. Tidak berkarat

Itulah penjelasan mengenai pengertian fiber optic beserta beberapa kelebihannya, semoga dapat menambah ilmu pengetahuan kamu.

referensi : hanifenny.wordpress.com, Himanika (buku pengenalan serat optik, UNY)

 

7 Comments »

  1. oktavianusboyoh March 24, 2013 at 3:24 pm -

    Itu mantap banget.Fo itu Paling Montok de..

  2. admin February 7, 2013 at 8:40 am -

    @tiffany : makasih

Leave A Response »