Pengertian Bandwidth itu apa? biar tahu simak di sini

admin November 18, 2012 0


Pengertian Bandwidth

Sebagai pengguna internet, apakah anda pernah mendengar istilah bandwidth? Lantas, apakah anda tahu apa itu bandwidth? Nah, pengertian bandwidth adalah cakupan luas atau lebar frekuensi yang digunakan oleh sinyal pada media transmisi. Dengan kata lain, bandwidth adalah perbedaan pada komponen sinyal frekuensi yang tinggi dan yang rendah. Frekuensi diukur dengan satuan Hertz. Misalnya adalah sinyal suara memiliki bandwidth sebesar 3 kHz, sedangnya sinyal analog TV memiliki bandwidth sekitar 6 Mhz. Sedangkan pengertian digital bandwidth adalah jumlah atau volume data yang dapat dikirimkan dalam sebuah saluran komunikasi dengan satuan bit per detik tanpa mengalami distorsi. Hal ini tentu berbeda dengan pengertian bandwidth yang dibahas sebelumnya, yang diberi nama analog bandwidth. Analago bandwidth diukur dalam satu Hertz dalam siklus satu detiknya, menentukan banyaknya informasi yang bisa ditransmisikan.

pengertian bandwidth ilustrasi

Proses menentukan jatah bandwidth kepada pemakai dan aplikasi dalam suatu jaringan dinamakan alokasi data transfer. Di dalamnya ada juga pengaturan dalam menentukan prioritas aliran data berdasarkan kepentingan dan sensitifitas data tersebut. Dengan sistem ini makan dimungkinkan penggunaan akses internet dapat terjadi secara efisian dan jika terjadi kelambatan dalam jaringan, maka aliran data yang memiliki prioritas rendah dapat dihentikan sehingga aplikasi yang lebih penting dapat berjalan dengan lancar. Besarnya saluran atau transfer rate sangat mempengaruhi kecepatan transmisi. Data dalam jumlah besar akan menempuh saluran dengan bandwidth kecil lebih lama dibanding jika melewati saluran yang memiliki bandwidth yang lebih besar. Kecepatan transmisi sangat dibutuhkan bagi aplikasi yang memerlukan kecepatan jaringan, yakni aplikasi yang bersifat real time seperti video conferencing atau streaming. Penggunaan bandwidth tentu saja berhubungan dengan medium atau tipe alat yang digunakan. Memang pada umumnya semakin tinggi kecepatan transmisi yang dimiliki oleh suatu medium, maka biaya yang dibutuhkan juga semakin tinggi.

Sebuah modem yang bekerja pada kecepatan 56 kbps tentu memiliki data transfer sebesar dua kali lipat daripada modem yang bekerja pada kecepatan 28 kbps. Umumnya, koneksi yang menggunakan data transfer cukup tinggi dapat membuat pengiriman informasi dilakukan dalam skala besar. Misalnya dalam penggunaan untuk pengiriman gambar atau video presentation, bisa juga digunakan dalam video streaming. Sedangkan jika berbicara masalah WAN, maka data transfer yang ada bergantung dari kapasitas yang ditawarkan oleh penyedia jasa jaringan atau penyedia jasa internet. Perusahaan yang mampu membeli kecepatan data transfer yang tinggi dari ISP akan mendapatkan bandwidth yang tinggi pula, namun semakin tinggi harga yang harus dibayar. Jika sebuah teknologi jaringan baru dikembangkan dan infrastruktur jaringan yang ada diperbaharui, maka aplikasi yang digunakan akan mengalami peningkatan dalam hal konsumsi jalur transmisi. Video streaming dan Voice Over IP adalah salah satu contoh penggunaan teknologi baru yang turut mengkonsumsi jalur data transfer dalam jumlah besar.

Demikian adalah penjelasan kami mengenai bandwidth. Semoga bermanfaat. (iwan)

 

 

Leave A Response »