Pandi Luncurkan Domain Baru Biz.id dan My.id

Pandi Luncurkan Domain Baru Biz id dan My id

Pandi Luncurkan Domain Baru Biz id dan My id
Berita teknologi terbaru, Pandi (Pengelola Nama Domain Indonesia) adalah organisasi yang mengelola nama domain di Indonesia. Pandi akan meluncurkan 2 domain baru yaitu biz.id dan my.id.

Untuk biz.id, Pandi menargetkan domain tersebut untuk kalangan usaha kecil dan mikro, sedangkan untuk my.id, Pandi menargetkan untuk kebutuhan pribadi.

Selama ini pengguna Internet di Indonesia tidak dapat menggunakan domain co.id karena tidak memiliki legalitas perusahaan.

“Mereka kemudian memilih menggunakan domain .com yang sangat mudah didaftarkan,” kata Ketua Umum PANDI Andi Budimansyah dalam keterangan resminya, Selasa 18 Oktober 2011.

Rencananya PANDI dalam pendaftaran domain biz.id akan sebebas web.id, hanya dengan menyertakan KTP dan nomor pokok wajib pajak. Pendaftaran domain biz.id baru akan dibuka awal tahun depan. Saat ini PANDI sedang migrasi ke sistem baru, sistem baru ini selain dukungan nama-nama domain baru, registrasi domain baru tidak hanya berpusat pada situs PANDI, tetapi juga dapat dilakukan pada situs-situs registrar, sama seperti domain internasional lain.

Sedangkan untuk domain my.id, pengguna tidak akan dikenakan biaya. Dan PANDI juga berencana untuk menjual domain web.id dan my.id ke registrar luar negeri. “Dua domain itu saja. Yang lain masih tetap khusus untuk pengguna Indonesia,” kata Andi lagi seperti dilansir Tempointeraktif.

Untuk proses migrasi ke sistem baru, pendaftaran nama domain baru akan dihentikan pada pertengahan November 2011 mendatang.

Selain itu PANDI akan menyediakan domain khusus korperasi yang akan menggunakan nama perusahaan sebagai tld, yakni [nama domain].[tld]. Misalnya nanti akan ada teknologi.ridwanaz

Facebook Comments

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *