Mozilla Firefox Akan Hadir di Ponsel sebagai Sistem Operasi

Mozilla Firefox Akan Hadir di Ponsel sebagai Sistem Operasi

Pernahkah anda membayangkan sebuah browser dijadikan sebagai sistem operasi bagi ponsel? Browser yang biasa kita gunakan sebagai aplikasi untuk berselancar di internet bisa digunakan sebagai firmware yang menjalankan sebuah ponsel pintar. Sebenarnya konsep ini sudah lama ada. Mozilla Foundation, yayasan pembuat browser Firefox yang biasa kita pakai telah menjalankan konsep ini dan berwujud sebuah sistem operasi mobile yang diberi nama Boot To Gecko. Namun baru-baru ini nama tersebut diganti menjadi Firefox Mobile OS dan akan segera mengeluarkan versi baru.

Mozilla Firefox Akan Hadir di Ponsel sebagai Sistem Operasi

Basis teknologi yang digunakan oleh Firefox Mobile OS sama seperti browser Firefox yang kita kenal saat ini. Berbeda dengan Chrome OS yang menggunakan browser Chrome dan ditargetkan untuk desktop dan Notebook saja, Firefox Mobile OS ini ditargetkan hanya untuk ponsel pintar saja. Selain menyeret Mozilla Foundation ke arah pengembangan sistem operasi mobile, Firefox Mobile OS ini juga menandai era dimulainya HTML 5 digunakan sebagai engine utama dalam aplikasi mobile terutama ponsel pintar.

Sistem operasi ini dibangun menggunakan kernel Linux dan menggunakan engine rendering Gecko. Gecko adalah engine rendering HTML yang digunakan oleh browser terkenal Mozilla Firefox. Semua aplikasi seperti phone dialer, clock, contact dan lain-lain dibuat menggunakan HTML 5 yang kemudian dijalankan oleh engine Gecko. Baik Chrome OS maupun Firefox Mobile OS sama-sama menggunakan HTML 5 sebagai engine bagi semua aplikasi yang ada. Namun bedanya pada Firefox Mobile OS ini adalah dukungan yang menyeluruh terhadap HTML 5 digunakan pada perangkat mobile. Pada dasarnya semua aplikasi adalah web yang dioptimalisasi khusus untuk digunakan pada mobile. Dengan ini para programer website juga dapat ikut mengembangkan aplikasi di dalam perangkat yang dijalankan dengan Firefox Mobile OS ini.

Selain mengganti nama, Mozilla Foundation juga mengumumkan kerjasama dengan Alcatel dan ZTE untuk memproduksi perangkat pertama yang menggunakan sistem operasi ini. Operator ternama Etisalat, Smart, Sprint, Telefonica dan Telecom Italia dikabarkan juga ikut mendukung ponsel ini. Diinformasikan juga bahwa kemungkinan peluncuran perdana ponsel ini akan dilakukan pada awal 2013 oleh operator Telefonica di Brazil. Mengingat mereka sama-sama menggunakan kernel Linux, apakah Firefox Mobile OS akan menjadi pesaing bagi Google Android? Kita lihat saja nanti. (iwan)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *