Mozilla Firefox 15 beta diluncurkan untuk menutup kelemahan

Mozilla Firefox 15 beta diluncurkan

Belum lama ini Mozilla Foundation meluncurkan Firefox 14 pada jadwal rilis wajib. Rilis ini menunjukkan peningkatan performa yang cukup signifikan, ditandai dengan lebih cepatnya pemuatan suatu website yang menggunakan teknologi AJAX atau JQuery. Namun ternyata Firefox 14 memiliki kelemahan pada masalah manajemen memori. Untuk itu Mozilla Foundation segera merilis versi selanjutnya, yakni Firefox 15 yang masih berstatus Beta untuk mengatasi masalah tersebut. Firefox 15 Beta memiliki perbaikan pada sistem manajemen memori dan peningkatan kecepatan pemuatan suatu halaman website.

Dalam blog resmi Mozilla, Nicholas Nethercote yang merupakan salah satu developer Mozilla Firefox mengatakan bahwa Firefox 15 didesain untuk mencegah kebocoran memori yang disebabkan oleh add-ons,termasuk Firebug. Add-ons adalah sebuah script atau aplikasi kecil yang digunakan untuk menambah fitur dari Mozilla Firefox itu sendiri. Misalnya adalah add-ons Adblock Plus, yang digunakan untuk memblokir dan semacamnya. Salah satu add-ons yang paling terkenal diantara para developer website yaitu Firebug dipercaya menjadi sumber masalah kebocoran memori pada Firefox 14.

Firefox 15 Beta memastikan pengguna yang memasang banyak add-ons tidak akan kehabisan memori dan membuat aplikasi Firefox menjadi tidak merespon input pengguna. Firefox 15 Beta sangat cocok untuk pengguna yang memasang banyak add-ons yang digunakan untuk banyak tujuan dan kebutuhan. Tanpa perlu memutakhirkan add-ons, pengguna tidak akan kehabisan memori karena penggunaanya akan diatur lebih baik oleh Firefox sendiri.

Dikutip dari PC World pada hari Senin (23/7), pengguna akan merasakan kecepatan menjelajah internet dengan menggunakan Firefox 15 Beta dan jarang atau bahkan tidak mengalami crash. Penggunaan dalam waktu yang lama dan banyaknya add-ons yang terpasang sering menjadi masalah pada Firefox versi sebelumnya, namun tidak lagi pada Firefox versi 15 beta ini. Demikian PC World mengutip dari Nethercote, salah satu pengembang Mozilla Firefox.

Nethercote menambahkan bahwa kebocoran memori pada add-ons disebabkan oleh “kompartemen zombie” yang terus menyimpan informasi web padahal tab yang membuka website tersebut telah ditutup atau berganti dengan web lain. Hal ini tidak terjadi pada Firefox 15 beta. Setiap kali ada website yang sudah tidak ditampilkan, maka otomatis kompartemen ini akan dibersihkan oleh Firefox.

Selain itu dalam Firefox 15 ini sudah ditambahkan dukungan terhadap format audio Opus. Format ini bisa langsung dimainkan pada peramban dan memiliki kualitas kompresi yang sama baik dengan Ogg Vorbis, MPEG Layer 3 dan AAC. Opus sendiri adalah audio format yang benar-benar tanpa lisensi yang baru saja disetujui sebagai sebuah standar RFC oleh IETF. (iwan)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *