Mengontrol Jemaah Haji, Arab Saudi Memanfaatkan Teknologi

Mengontrol Jemaah Haji, Arab Saudi Memanfaatkan Teknologi

Mengontrol Jemaah Haji, Arab Saudi Memanfaatkan Teknologi
Ibadah Haji merupakan ibadah tahunan yang menyedot jutaan umat Islam ke tanah suci. Dengan banyaknya jemaah membuat pihak berwenang begitu kerepotan. Untuk itu pemerintah Arab Saudi menggunakan teknologi untuk membantu kelancaran jalannya ibadah.

Kementerian urusan agama Arab Saudi setiap hari telah mengirimkan pesan teks 3,25 juta ke ponsel para jemaah untuk memberikan informasi mengenai yang boleh dan tidak boleh dilakukan pada saat melakukan ibadah, sehingga dapat mencegah yang berbahaya, menurut pelayanan resmi Sheikh Talal Al-Uqail, dikutip oleh kantor berita resmi SP, seperti dikabarkan oleh AFP.

Pesan tersebut dikelola oleh lebih dari 3000 ulama, penerjemah dan administrator, untuk memperbaiki “kesalahan” yang dilakukan oleh jemaah.

Pada saat yang sama, otoritas Saudi juga memonitor pergerakan jemaah dengan cara melacak melalui monitor elektronik setiap jemaah selama lima hari haji, menurut Menteri Haji Saudi Fuad al-Persia.

Sementara itu polisi agama Saudi juga memposting video dan dokumen untuk bimbingan para jemaah pada youtube yang dapat diakses di http://www.youtube.com/user/movieshajj.

Untuk pertama kalinya di tahun ini, ibadah haji disiarkan langsung di Youtube berkat kerjasama antara pemerintah Arab Saudi dan Google. Siaran dapat dilihat di http://youtube.com/hajjlive.

Lebih dari dua juta jemaah berbondong-bondong ke Gunung Arafat sabtu kemarin yang menandakan puncak ibadah haji.
Tidak ada insiden yang dilaporkan oleh pejabat keamanan. “Semuanya berjalan baik dan sesuai rencana,” kata juru bicara kementerian Jenderal Mansur al-Turki kepada AFP.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *