Mencegah video berformat flash untuk dimuat otomatis

Mencegah video file berformat flash tampil otomatis

Banyak website sekarang ini menggunakan video dan jenis animasi lainnya. Beberapa diantaranya membuat video tersebut berjalan ketika halaman web dibuka. Tentu saja video ini memakan banyak bandwidth anda yang berharga, loading web menjadi lebih lama dan mengalihkan pikiran anda. Banyak dari video ini sebenarnya adalah iklan yang tidak anda butuhkan. Kebanyakan dari video tersebut dijalankan dengan Flash. Jika anda pengguna Mozilla Firefox, ada satu add-on atau ekstensi yang digunakan untuk menghentikan video semacam ini. Ekstensi itu bernama Flashblock, sesuai namanya tentu saja ekstensi ini memblokir flash.

Mencegah video file berformat flash tampil otomatis

Flashblock bekerja sempurna pada semua versi Firefox, mulai dari versi 3.0 hingga 13.0 atau versi yang paling mutakhir. Flashblock memblokir konten berjenis Macromedia Flash, Macromedia Shockwave dan Macromedia Authorwave. Ekstensi ini mencegah pemuatan seluruh konten flash dalam halaman dimana dia diaktifkan. Flashblock mengganti tempat dimana berkas flash tersebut berada dengan sebuah tombol untuk tetap bisa memainkannya jika anda menginginkan. Flashblock tidak akan bisa bekerja jika anda mematikan fungsi Javascript pada Firefox.
Flashblock bahkan mampu memblokir Silverlight, yang merupakan framework milik Microsoft yang menjalankan aplikasi yang memperkaya internet, mirip seperti Adobe Flash. Sehingga sangat dimungkinkan bahwa anda juga sanggup memblokir Silverlight Video menggunakan Flashblock.
Mencegah video berformat flash untuk dimuat otomatis
Flashblock juga mengijinkan anda untuk membuat daftar putih, yaitu daftar website yang mana Flashblock tidak akan menyentuhnya. Sebagai contoh adalah Youtube atau Vimeo. Tentu anda membuka kedua situs ini memang bermaksud menonton video, bukan? Sehingga flash video dari kedua situs ini harus bisa dimuat supaya bisa anda lihat. Fitur ini sangat berguna juga jika anda mengembangkan website yang menggunakan Flash.

Sebagai catatan, Flashblock hanya dapat memblokir video yang dimainkan dengan flash. Jika sebuah situs menggunakan HTML5 untuk memainkan video, maka Flashblock tidak akan dapat berbuat apa-apa. Youtube saat ini sudah menggunakan HTML 5 sebagai player-nya. Mungkin website-website lain akan segera menyusul mengingat makin maraknya penggunaan HTML 5 serta manfaatnya dalam bidang search engine optimization lebih baik daripada Flash ataupun Silverlight. (Iwan)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *