Mempelajari sejarah internet dengan sistem timeline

sejarah internet via time line

sejarah internet via time line

Yang ada di pikiran seseorang saat mendengar kata timeline adalah pada jejaring sosial Facebook. Fitur timeline pada jejaring sosial Facebook memang membantu pengguna untuk melihat sejarah status mereka di Facebook. Lebih daripada itu, mereka dapat mengetahui apa saja yang telah mereka lakukan dengan akun mereka, seperti menambahkan gambar apa, video apa, menggunakan aplikasi apa, dan lain sebagainya.

Konsep timeline dalam sejarah internet

Kini, anda dapat mempelajari sejarah internet dengan konsep timeline Facebook. Konsep timeline untuk mempelajari sejarh internet ini dikembangkan oleh Grovo, sebuah perusahaan yang memiliki tujuan mendidik masyarakat dalam web dan produk mobile. Grovo sudah merangkai sejumlah sejarah internet dalam semua masa dalam satu fitur timeline Facebook. Dalam timeline sejarah internet ini, pertama kali akan disuguhkan dengan kejadian pada tahun 1536, yakni tahun yang merupakan pertama kalinya simbol @ diperkenalkan. Simbol ini pertama kali dipakai oleh Florentine Merchant dalam suratnya. Simbol ini nantinya menjadi simbol yang selalu menjadi ciri khas dalam akun email dan jejaring sosial. Tentu saja anda bisa menebak jejaring sosial apa yang menggunakan simbol @, bukan?

ARPANET dan email pertama kali

Selanjutnya sejarah internet melompat pada ditemukannya ARPANET dan MARK 1 pada tahun 1960 yang merupakan jaringan penghubung antar komputer pertama kali di dunia. ARPA adalah riset dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat mengenai cara menghubungkan sejumlah komputer sehingga dapat membentuk sebuah jaringan yang terkoneksi tanpa adanya induk yang mengontrol. Setelah jaringan komputer terkoneksi, maka pada tahun 1971, Roy Tomlinson pertama kali mengirimkan email dengan menggunakan dua komputer yang berjarak hanya 1 meter saja. Pada tahun 1972 Tomlinson menyempurnakan program email yang diciptakan dan semakin populer. Inilah pertama kalinya simbol @ begitu penting di dunia maya. Pada tahun yang sama, ada proyek digitalisasi arsip yang memunculkan format e-book.

Newsgroup dan TCP/IP diciptakan

Ratu Inggris berhasil mengirimkan email dari Royal Signals & Radar Establishment di Malvern untuk pertama kalinya pada tahun 1976. Setahun setelah itu, lebih dari 100 komputer bergabung di ARPANET dan membentuk jaringan, tepat di saat yang sama Apple Computer Inc. didirikan oleh Steve Jobs. Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Pada tahun 1981, France Telecom menciptakan cikal bakal sistem komunikasi yang sekarang disebut sebagai video call atau video conference. Pada tahun 1982, dibentuklah TCP dan IP yang dikenal hingga kini. Pada tahun 1984, diperkenalkan sistem nama domain atau DNS. Kompiuter yang tergabung dalam jaringan sudah melebihi 1000 komputer, oleh karena itu dibutuhkan suatu penamaan yang lebih mudah, yakni dengan nama domain.

World Wide Web dan Era Dotcom

Tim Benners Lee menemukan program browser yang bisa menjelajah dari satu komputer ke komputer lain yang membentuk jaringan pada tahun 1989. Browser itu diberi nama Mozaic dan itulah awal dari World Wide Web atau sering disebut sebagai web. Inovasi ini disusul dengan peluncuran mesin pencari pada tahun berikutnya. Mulai tahun 1991 hingga 1999, internet berkembang pesat, banyak hal-hal besar terjadi dalam kurun waktu tersebut. Termasuk diantaranya adalah berdirinya Google dan Yahoo. Munculnya situs e-retail seperti Amazon dan eBay dan lain-lain. Munculnya perusahaan-perusahaan internet ini membuat tahun 2000 menjadi era “dotcom bubble”, ketika banyak sekali perusahaan internet yang bermunculan.

Anda ingin mengetahui selengkapnya? Silahkan cek saja timeline dari Grovo disini. (iwan)

Facebook Comments

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *