Manfaat internet bagi pengembangan perusahaan

Manfaat internet

Manfaat kehadiran internet dalam semua bidang kehidupan kita dapat dirasakan secara nyata. Mulai dari hiburan, pendidikan, sosial budaya hingga usaha dan bisnis sangat terbantu dengan adanya internet. Seorang pemilik perusahaan harus menyadari kekuatan internet yang besar ini bagi perusahaannya. Setidaknya ia harus mengadopsi teknologi internet jika ingin perusahaannya lebih maju. Berikut adalah manfaat internet bagi perusahaan:

Manfaat internet

Menciptakan dan meningkatkan brand image
Manfaat yang paling penting dari internet bagi perusahaan adalah menciptakan image atau citra perusahaan di mata masyarakat. Dengan adanya internet sebuah perusahaan dapat dengan mudah memiliki situs atau website yang berisi tentang perkenalan dan informasi mengenai perusahaan tersebut kepada khalayak ramai. Informasi yang ada di dalamnya dapat berupa lini usaha perusahaan atau informasi penting lainnya. Perusahaan dapat mendeskripsikan produk dan jasa yang dijualnya beserta keunggulan masing-masing. Dengan ini orang semakin tahu seperti apa suatu perusahaan dilihat dari websitenya. Oleh karena itu dalam membuat website jangan asal-asalan karena itu akan menentukan pandangan masyarakat terhadap perusahaan. Pilihlah orang yang berpengalaman untuk membuat dan mengelola website perusahaan. Lebih baik lagi jika website dikelola oleh internal perusahaan.

Promosi yang rendah biaya
Promosi adalah satu bagian penting dalam bisnis. Jika tidak ada promosi yang baik, maka produk dan jasa yang kita jual sulit untuk dikenal masyarakat dan laku, sebaik apapun produk atau jasa yang kita punya. Dengan internet, kita tidak membutuhkan dana ratusan juta untuk mempromosikan produk dan jasa yang kita jual. Selain promosi, internet juga bisa menjadi etalase bagi kita dengan memaksimalkan fungsi website kita. Kita dapat menjual produk kita secara langsung di internet dengan membuat toko online. Saat ini sudah banyak perusahaan yang mengaplikasikan dan memiliki toko online sendiri sebagai wujud pendekatan langsung kepada konsumen dari segmen pengguna internet.

Alat komunikasi yang efektif
Menjalin komunikasi dengan rekanan dan pelanggan adalah salah satu syarat mutlak dalam berbisnis dan harus dilakukan oleh perusahaan. Dengan internet kita dapat menjalin komunikasi dengan semua kolega dan pelanggan anda dimanapun dan kapanpun selama masih ada jaringan internet. Kita bisa bertegur sapa melalui email, berbincang menggunakan chatting, bahkan bisa menggunakan Skype untuk video conference. Internet menjembatani setiap komunikasi ini, sehingga ini menjadi komunikasi yang efektif dan praktis.

Manfaat internet untuk perusahaan

Sebenarnya masih banyak manfaat internet bagi perusahaan lainnya. Seperti misalnya anda bisa membentuk jaringan terpadu dengan cabang usaha yang anda miliki sehingga pertukaran data dapat dilakukan segera. Lalu ada pemantauan jarak jauh atau surveilance melalui IP Camera, dan lain-lain. Jika perusahaan anda belum mulai menggarap sisi internet, ini adalah saat yang tepat. (iwan)

Facebook Comments

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *