Macam-macam jenis pengguna Facebook

pengguna Facebook

Di dunia ini, tentu saja ada bermacam-macam jenis orang, jika dikategorikan dari sikap dan sifatnya. Demikian pula di situs jejaring sosial Facebook. Ada banyak macam teman-teman yang kita miliki. Ada yang sangat eksis, ada yang jarang-jarang eksis. Setidaknya ada beberapa tipe yang dapat kita kenali dari caranya menggunakan jejaring sosial Facebook. Mari kita simak satu persatu ya.

pengguna Facebook

Tipe #1: orang yang tersembunyi

Tipe ini sering disebut dengan Lurker yang artinya kurang lebih sama. Orang ini adalah seseorang yang sangat misterius. Jarang sekali dia melakukan update status, berkomentar atau main game. Namun orang jenis lurker ini selalu login setiap hari. Ia hanya membaca timeline dan segala hal yang ada di hadapannya. Jadi jangan heran jika ia tahu betul si A sedang berselingkuh dengan si B, si C sedang marahan dengan si D dan lain sebagainya. Orang seperti ini adalah tipe pengamat.

Tipe #2: penyalak tak berarti

Orang yang bersikap seperti ini seperti layaknya hewan Hyena. Ia seringkali hanya mengupdate status yang tidak berarti atau memberikan suatu komentar yang tidak berarti apapun. Orang ini tidak banyak bicara, hampir sama dengan tipe pertama, hanya saja dia lebih terbuka mengumumkan kehadirannya dengan hanya berkomentar “hahaha” atau like saja di semua status orang lain.

Tipe #3: miss & mister populer

Pada umumnya jenis orang ini memiliki ribuan teman di Facebooknya dengan alasan yang tidak jelas. Diantara ribuan itu, bahkan bisa mentok di batasan Facebook 5000 teman, hanya kurang dari 1% yang dikenalnya dengan pasti. Kegiatan yang dilakukan oleh orang ini hanya mencari teman di Facebook dengan maksud yang tidak jelas, seperti misalnya hanya berteman dengan akun-akun yang memajang foto wanita cantik saja. Seringkali pula akun seperti ini adalah akun palsu atau akun ganda dari orang lain yang tidak ingin diketahui identitasnya.

Tipe #4: pecandu game online

Sesuai dengan namanya, pengguna jenis ini adalah seorang pecandu game sejati. Game apapun di Facebook akan ia coba. Ia berteman dengan banyak orang hanya supaya mendapat teman bermain game saja. Jika anda berteman dengan pria semacam ini, dapat dipastikan bahwa notifikasi anda akan penuh dengan ajakan main game darinya. Orang seperti ini terkadang sangat menyenangkan, namun seringkali sangat mengganggu, misalnya dengan notifikasi dan update statusnya yang selalu itu-itu saja.

Tipe #5: orang yang alim

Pengguna Facebook seperti ini adalah orang yang selalu melakukan update status dengan kalimat yang mengagungkan Sang Pencipta. Seringkali orang ini juga mengutip beberapa ayat suci dan memberikan penjelasan di dalamnya. Pengguna jenis ini sangat jarang mencari teman di Facebook. Waktunya sebagian besar digunakan untuk menyebarkan foto dan video religi atau event acara keagamaan di statusnya supaya orang lain melihat dan tertarik untuk berkenalan dengannya. Orang seperti ini biasanya saat sudah menjadi teman bisa sangat dekat dan bisa menjadi salah satu sumber ilmu agama.

Demikian adalah lima tipe pengguna Facebook yang kami bahas dalam artikel pertama ini. Masih ada lanjutannya lho. Stay tune, ya! (iwan)

referensi : http://www.sektim.com/2011/09/15-tipe-pengguna-facebook.html

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *