Kiat-Kiat Aman Belanja Online

Kiat-Kiat Aman Belanja Online

cara belanja online aman
Berita Teknologi. Akhir-akhir ini aktivitas jual-beli tidak lagi hanya terjadi di pasar, toko atau di supermarket, tetapi sudah mewabah di dunia online. Kemudahan dan keefektifan yang menjadikan aktivitas belanja online menjadi tren meski belum seperti pada negara-negara maju.

Tapi hati-hati, dengan menjamurnya aktivitas jual-beli melalui internet tidak dipungkiri menjadi lahan bagi orang-orang yang tak bertanggungjawab.

Inilah sedikit kiat-kiat agar anda tetap aman dalam membeli barang memalui internet. Kiat ini saya rangkum dari berbagai sumber. Dan sebelumnya, kiat-kiat ini tidaklah mutlak.

  1. Sebelum membeli pastikan Custumer Service (CS) ada, jika ada Yahoo! Messenger pastikan online minimal jam kerja, pastikan nomor telepon ada dan bisa dihubungi.
  2. Bertransaksilah pada toko online yang terpercaya, dan hati-hatilah ketika anda mencari toko online dari search engine, bukan berarti semua toko online yang ada di search engine berupa toko online abal-abal.
  3. Bila anda ingin membeli lewat facebook atau sosial jejaring lain pastikan anda telah mengenal si penjual.
  4. Carilah toko online yang telah memiliki domain dan hosting sendiri, meski tidak pasti tetapi minimal penjual tersebut memang telah berniat berjualan secara profesional
  5. Jangan mudah terpancing dengan diskon besar-besaran atau harga yang super murah, anda bisa tanyakan kepada teman anda yang telah berpengalaman dalam membeli online atau anda bisa survei terlebih dahulu harga barang tersebut di toko-toko terdekat di kota anda.
  6. Jangan menggunakan kartu kredit atau debit, gunakan alat pembayaran pihak ketiga seperti iPaymu.com atau Paypal.com atau yang lainnya, untuk menghindari pencurian data kartu kredit. Atau gunakan saja transfer bank agar lebih aman.
  7. Bila pemilik toko online berada di kota anda, mintalah CoD (Cash on Delivery) agar anda dapat melihat terlebih dahulu barang yang akan anda beli.
  8. Bacalah testimoni para pembeli yang pernah berpengalaman pada situs tersebut, tapi anda juga harus hati-hati terkadang pemilik toko online memasang testimoni palsu pada toko onlinenya, anda bisa coba cari pada search engine.
Facebook Comments

1 Comment

  1. Restsindo-hty

    Trims atas tips tipsnya…..
    Tips tersebut telah mengingatkan kami untuk berhati hati dan bertindak bijaksana dalam membeli secara online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *