Kaspersky mengeluarkan produk Kaspersky Security for Mac

Kaspersky Security for Mac

Pasar komputer produksi Apple semakin meningkat sejak mereka memproduksi Mac dengan prosesor Intel beberapa tahun lalu. Hal ini tentu diikuti dengan perhatian penjahat cyber yang mulai melirik sistem operasi Apple sebagai sasaran kejahatannya. Hasilnya adalah beberapa waktu terakhir ini semakin banyak jumlah program berbahaya yang mengincar Mac sebagai sasarannya. Kejadian terbaru adalah Trojan Flashfake yang menginfeksi sekitar 700 ribu komputer dan menjadikannya sebagai zombie. Dengan pangsa pasar yang hanya enam hingga sepuluh persen dari pangsa pasar global, jumlah ini tergolong cukup mengkhawatirkan.

Kaspersky Security for Mac

Trojan Flashfake dimulai dengan banyaknya blog yang diretas oleh penjahat cyber. Blog yang sudah diretas ini kemudian disusupi komponen berbahaya yang akan memunculkan sebuah program seperti semacam update otomatis Adobe Flash Player yang terlihat seperti permintaan asli ketika ada pengguna Mac yang mengunjungi blog tersebut. Jika pengguna menyetujui untuk melakukan update, maka yang diunduh oleh pengguna bukanlah Adobe Flash Player yang asli melainkan malware yang berbahaya bagi Mac. Cara ini sukses menipu ratusan ribu pengguna Mac yang menghasilkan epidemik yang masif.

Melihat hal ini, penyedia jasa solusi keamanan internet dan antivirus, Kaspersky Labs menyatakan sudah siap melindungi pengguna komputer Apple terutama Mac dari ancaman penjahat cyber yang berbahaya. Setiap saat penjahat cyber akan terus berinovasi mencoba membobol komputer Mac. Untuk itu Kaspersky Labs mengeluarkan Kaspersky Security for Mac. Produk ini diklaim mampu untuk melindungi komputer Mac dari ancaman yang khusus ditujukan padanya dan juga mencegah malware yang menjangkiti komputer Windows dan Linux supaya tidak menular ke Mac. Selain fitur standar antivirus, ada juga fitur keamanan lainnya yakni Parental Control yang berfungsi melindungi anak-anak dari konten yang tidak sesuai umur. Penggunaannya bisa diatur oleh orang tua si anak.

Teknologi terbaru yang ditanamkan oleh Kaspersky Labs ke dalam Kaspersky Security for Mac ini antara lain file scanning yang aktif saat start up, scanner file baru dan file yang diupdate serta mengurangi dampak penggunaan sumber daya sistem untuk hal-hal diatas. Fitur ini bertujuan untuk melindungi komputer dari ancaman Trojan, worms, spyware, adware dan keylogger. Basis data akan diperbarui setiap jam untuk memastikan bahwa Kaspersky Security mendapatkan informasi terbaru sehingga dapat melindungi komputer dengan lebih maksimal. Teknologi keamanan berbasis cloud juga akan bereaksi terhadap obyek berbahaya terbaru dalam hitungan menit.
Selain itu, ada juga Kaspersky Web Protection yang merupakan fitur dari Kaspersky Security ini yang bertugas untuk mendeteksi website yang berbahaya berupa tiruan dan penipuan dan tidak lupa memberitahukan setiap ancaman yang terdeteksi kepada pengguna. Dengan sistem ini, maka pengguna komputer Mac akan merasa lebih aman dan dapat berselancar di dunia maya dengan nyaman. (iwan)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *