Google menghadirkan layanan internet berkecepatan 1 gigabits per detik

layanan internet google 1 gigabits per detik

layanan internet google 1 gigabits per detik

Apakah anda pernah membayangkan menikmati koneksi internet yang berkecepatan luar biasa? Mungkin banyak dari kita melakukan itu. Terutama di tengah-tengah keputusasaan terhadap layanan operator penyedia jasa internet kita yang selalu setengah hati dalam memberikan layanan internet kepada kita. Internet tercepat yang ada di Indonesia mungkin hanya bisa anda coba jika anda bekerja di operator penyedia jasa internet, itu pun anda harus bekerja sebagai teknisi untuk mendapatkan koneksi penuh. Koneksi sebesar 1Gbps di Indonesia bisa dibagi ke ratusan pengguna, mungkin bahkan ribuan pengguna internet. Namun tidak dengan penduduk dua kota yang ada di Amerika Serikat, yakni kota Kansas City di negara bagian Kansas dan Kansas City di negara bagian Missouri. Betul, ini bukan salah ketik, memang nama kotanya sama namun di dua negara bagian yang berbeda.

Dikutip dari Mashable, penduduk di kedua kota tersebut bisa dibilang beruntung. Mereka akan menjadi orang pertama yang akan mencoba kecepatan internet dengan teknologi Google Fiber dimana ini adalah teknologi internet tercepat di dunia saat ini. Layanan koneksi berbasis jaringan fiber optik yang diprakarsai oleh raksasa Internet Google ini akan diresmikan pada 26 Juli 2012 ini di kedua kota tersebut. Sebelumnya telah ada puluhan kota yang mendaftarkan diri sebagai kota pertama yang mendapatkan layanan tersebut dari Google. Namun akhirnya Google memilih kedua kota tersebut karena memiliki nama yang sama sehingga termasuk unik.

Kecepatan internet 1Gbps ini adalah 100 kali lipat lebih kencang dari kecepatan koneksi maksimum yang dapat diperoleh pelanggan perseorangan di Amerika Serikat. Tentu saja kecepatan ini luar biasa sekali. Sebagai gambaran, sebuah film dengan kualiatas gambar full HD berukuran sekitar 4,5 GB dapat diunduh dalam waktu kurang dari 2 menit atau maksimum 120 detik. Padahal dengan koneksi biasa yang paling kencang hanya bisa diunduh dengan kecepatan 2 jam 11 menit saja. Hal ini memungkinkan pengguna juga bisa melakukan streaming langsung lebih dari satu film dengan format full HD pada saat bersamaan.

Tentu saja koneksi yang cepat ini membuat yang dinamakan layanan TV internet menjadi semakin nyata. Layanan internet, TV dan telepon dapat dilakukan dalam satu sambungan Google Fiber. Proyek ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2010 dan memilih dua kota Kansas City dengan alasan yang disebutkan diatas. Dua kota ini dijadikan obyek percobaan Google untuk produk dan layanan yang didesain khusus untuk koneksi internet berkecepatan super tinggi. Google juga berencana akan melakukan percobaan cara baru memasang kabel fiber optik yang mahal sehingga dapat menekan biayanya. (iwan)

Facebook Comments

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *