Google meluncurkan browser Chrome untuk iPhone dan iPad

chrome untuk iphone dan ipad

Dalam ajang Google I/O yang digelar dua hari ini, Google banyak mengumumkan update produk-produk mereka, serta produk-produk baru yang tampil dan berfungsi saat itu juga dan produk Google di masa depan. Salah satu yang pernah disebutkan adalah Android 4.1 Jelly Bean dengan fitur Google Now dan perbaikan-perbaikan dalam sisi performa untuk hardware dan penampilan. Selain itu ada juga perangkat keras yang akan diproduksi oleh Google yakni Nexus 7 atau Nexus Q. Perangkat keras berupa tablet ini dimaksudkan untuk bersaing dengan Kindle Fire dari Amazon.
chrome untuk iphone dan ipad
Satu lagi yang tak kalah ketinggalan adalah Google Chrome untuk Apple iOS. Dikutip dari Mashable, Google menerima banyak permintaan bagi mengguna iPhone yang menginginkan Google Chrome ada di ponsel mereka. Hal ini direspon Google dengan menerbitkan Google Chrome for iOS. Tidak hanya iPhone, Google Chrome juga bisa dipasang di iPad. Menurut salah satu developer Google Chrome, mereka tidak mau membuat produk tanggung hanya di iPhone, tidak akan lengkap jika tidak sekalian di iPad. Produk ini tidak ada hubungannya dengan Mozilla Firefox yang meluncurkan browser versi mobile untuk Android, karena jelas berbeda platform. Chrome for Android sudah ada sejak lama dan merupakaan browser bawaan untuk Android. Lebih tepatnya kali ini Google bereaksi terhadap Yahoo Axis, browser baru buatan Yahoo yang menyasar wilayah mobile.

Google Chrome sudah dapat diunduh dan dipasang secara gratis dari Apple App Store. Browser buatan raksasa software dunia ini berukuran 12,8 MB dengan penomoran versi yang hampir sama dengan Google Chrome versi desktop yakni 19.0.1084.60. Google Chrome sendiri mudah masuk ke dalam iPad atau iPhone karena menggunakan mesin render WebKit versi terbaru yang sudah terbenam di dalam Apple iOS. WebKit ini juga digunakan oleh browser bawaan iPad dan iPhone yang bernama Mobile Safari.

Secara tampilan, Chrome for iOS ini mirip dengan saudaranya yang berada di sistem operasi Android. Tampilannya seperti biasa menggunakan tab switcher yang lengkap dengan kemampuan berpindah tab hanya dengan menggesek pinggir layar iPad atau iPhone anda. Tak lupa juga fitur seperti sinkronisasi data berupa tab, halaman, bookmark dan histori dari versi desktop ke versi mobile atau ke Chrome yang berjalan di perangkat lainnya.

Meskipun sama-sama menggunakan WebKit namun eksekusi Javascript pada Google Chrome lebih lambat dibandingkan Mobile Safari. Hal ini terjadi dikarenakan Google Chrome menggunakan UIWebView untuk memproses Javascript, bukan mesin eksekusi Javascript V8 seperti pada Google Chrome versi desktop. Namun setidaknya sekarang pengguna iOS memiliki alternatif browser lain yang bisa digunakan pada perangkat mereka. (Iwan)

Facebook Comments

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *