Google Fiber, Koneksi Internet Ultracepat 1-Gigabit

Google Fiber Koneksi Internet Ultracepat 1-Gigabit

Koneksi Internet Ultracepat 1-Gigabit

Google Fiber Koneksi Internet Ultracepat 1-Gigabit

Minggu ini Google membuat pernyataan resmi bahwa teknologi terbaru mereka Google Fiber akan sampai di Austin. Penduduk di daerah tersebut akan bisa menikmati internet dengan kecepatan yang luar biasa, yaitu 1-gigabit atau 100 kali lebih cepat dari kecepatan rata-rata internet saat ini. Di Kota Kansas yang merupakan tempat pertama layanan ini diperkenalkan, masyarakatnya sudah bisa menikmati internet berkecepatan tinggi hanya dengan $70 per bulan. Dengan membayar $120 per bulan,  konsumen mendapatkan perangkat lain berupa Google TV. Yang lebih menarik adalah Google memberikan internet gratis selama 7 tahun bagi pelanggan yang telah membayar iuran sebanyak $300. Kecepatan akses untuk bonus internet itu juga mencengangkan, yaitu 5 mbps.

Google Fiber

Merasakan kecepatan hingga 1-gigabit adalah dambaan setiap orang. Terbukti sudah jika perkembangan teknologi sangat pesat belakangan ini. Siapa sangka kita bisa merasakan internet dengan kecepatan luar biasa seperti ini. Ada beberapa keuntungan memakai Google Fiber. Yang pertama adalah buffering akan menghilang. Anda tidak perlu lagi lelah menunggu streaming video di Youtube atau melihat siaran internet TV. Ini sangat menguntungkan sebab sekarang adalah era High Definition. Untuk streaming audio atau video berkualitas HD, kecepatan internet merupakan faktor penentu. Dengan hadirnya Google Fiber, mengakses internet terasa jauh lebih mudah. Kelebihan Google Fiber berikutnya adalah harganya sangat terjangkau. Untuk memakai layanan ini, anda hanya perlu membayar iuran yang setara dengan internet broadband. Yang lebih menarik adalah bonus internet 7 tahun (dengan kecepatan 5 mbps) hanya dengan membayar $300 untuk instalasi Google Fiber. Coba saja hitung berapa biaya bulanan internet broadband anda, kemudian kalikan selama 7 tahun. Dari sini akan terlihat bahwa layanan Google Fiber jauh lebih murah.

Keuntungan lain dari Google Fiber adalah kita akan sampai pada era dimana koneksi internet sangat murah meriah. Dengan Google memperkenalkan teknologi terbarunya ini, perusahaan IT lain mungkin akan berusaha untuk memberikan penawaran yang lebih baik. Dengan begitu, konsumen adalah pihak yang paling diuntungkan. Baru beberapa tahun lalu teknologi internet dial up diperkenalkan, kemudian publik dikejutkan dengan kehadiran Broadband dengan harga yang relatif mahal. Akankah langkah Google kali ini menciptakan tren baru dalam dunia internet? Kemungkinan besar iya, namun apakah dalam waktu dekat ini atau tidak, who knows? Ada satu fakta menarik tentang Google Fiber, bahwasannya baru beberapa menit setelah layanan ini diluncurkan, perusahan telekomunikasi lain AT&T juga mengumumkan proyek serupa. Ini berarti banyak pihak sudah berancang-ancang untuk mengikuti jejak Google.

Manfaat lain dari dirilisnya Google Fiber adalah edukasi yang semakin baik. Penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan koneksi internet ultracepat di rumahnya, memiliki peluang 7% lebih besar untuk lulus. Walaupun faktanya tidak selalu demikian, namun secara logika kehadiran layanan ini akan membuat orang lebih melek internet. Keluarga menengah ke bawah tidak perlu lagi kerepotan untuk mencari layanan internet murah sebab kita sedang menuju era tersebut. Kita tahu manfaat internet sangat luar biasa untuk media pembelajaran. Jadi dengan koneksi internet ultracepat, siswa akan lebih efisien dalam mencari informasi.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *