Facebook meluncurkan fitur edit komentar untuk pengguna

fitur edit komentar

Berita teknologi, Setiap manusia pernah melakukan kesalahan. Itulah yang menjadikan kita manusia. Kesalahan itu termasuk juga adalah salah menulis komentar di Facebook. Entah itu kesalahan yang disengaja, misalnya membully atau mengolok-olok, membuka rahasia orang atau yang lainnya, dan bisa juga kesalahan yang tidak disengaja seperti salah menempatkan komentar. Beberapa waktu lalu memang Facebook memberikan fitur penyuntingan komentar, namun hanya berlaku beberapa saat setelah komentar dibuat. Bagaimana jika komentarnya sudah lama dan baru menyadari bahwa ada kesalahan disana?

fitur edit komentar

Kini Facebook memberikan pilihan baru, yaitu pengguna dapat menyunting kesalahan yang ia buat tanpa harus menghapus komentar dan membuat baru sehingga memenuhi ruang notifikasi orang lain. Hal ini sangat melegakan bagi pengguna Facebook dimana sekarang mereka dapat memperbaiki kesalahan yang mereka buat, terutama ketika berkomentar di dinding teman atau fan pages yang tentu saja dilihat oleh banyak orang.

Mulai Jumat, 22 Juni 2012 kemarin, Facebook telah memberikan kemampuan untuk menyunting komentar bagi penggunanya. Fitur sunting komentar ini diaplikasikan pada kamis 21 Juni 2012 malam waktu California namun baru pada beberapa pengguna saja. Sekarang ini sedang bertahap diproses untuk diaplikasikan kepada pengguna secara luas. Pantauan kami bahwa pengguna di Indonesia hingga saat ini belum mendapatkan fitur tersebut.

Pilihan penyuntingan akan muncul dalam bentuk sebuah ikon bergambar pensil kecil yang muncul di sisi kanan atas komentar pengguna. Ketika pengguna mengklik ikon tersebut maka muncullah dua pilihan untuk mengatasi komentar tersebut yakni hapus dan edit komentar. Facebook juga akan menampilkan sejarah penyuntingan tiap komentar yang membuat orang lain mendapatkan konteks pembicaraan yang lengkap dari komentar yang sudah disunting.
cara edit komentar facebook
Sejarah penyuntingan ini memang diberikan oleh Facebook untuk memastikan pengguna lainnya tidak dibuat bingung oleh komentar yang tidak kontekstual karena disunting oleh pemilikinya. Tentu saja ini membuat kita sadar bahwa kesalahan tetap akan membekas meskipun sudah disunting. Maka dari itu pikirkan baik-baik sebelum membuat komentar dan menekan tombol enter. Pastikan anda tidak membuat kesalahan yang dapat menyakiti orang lain dan atau membawa anda dalam masalah. Facebook adalah mulut anda dan mulut anda adalah harimau anda. :) . (iwan)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *