Facebook akan segera meluncurkan tombol “Want”

Facebook

Siapa yang tak kenal dengan tombol “like” atau “suka” di Facebook. Tombol yang membuat orang senang dan juga terkadang sebal ini memang memiliki sejuta makna. Meskipun terkadang pengguna menekan tombol like tidak pada tempatnya, namun fitur satu ini tidak diprotes keberadaannya. Tombol like memang digunakan untuk mengekspresikan atau mengapresiasi video, foto maupun tulisan status yang dibuat oleh seseorang di akun Facebooknya tanpa harus menuliskan sesuatu. Meskipun secara faktual tombol ini menuai pro dan kontra, keberadaannya sudah menjadi ikon bagi Facebook itu sendiri.
Facebook
Namun baru-baru ini akan ada tombol lain lagi, meskipun bukan di Facebook untuk pengguna biasa. Informasi yang dilansir dari Digitalspy yang mengutip Inside Facebook melaporkan Tom Waddington, salah seorang pengembang Cut Out + Keep telah membuat situs berisi tutorial tentang cara menampilkan tombol “want” di halaman web anda menggunakan Javascript SDK milik Facebook. Tutorial ini bukan tutorial resmi yang berasal dari Facebook karena Facebook sendiri belum secara resmi merilisnya.

Meskipun saat ini tombol “want” belum dirilis dan belum tercantum sebagai tombol resmi yang ada di situs pengembang Facebook, namun tombol ini sudah dapat bekerja pada obyek Open Graph yang ditandai sebagai “produk” oleh Facebook. Sebelumnya telah ada tombol “Recommended” atau “Sarankan” sebagai pengganti tombol “suka” untuk diintegrasikan dengan halaman website anda. Sedangkan untuk tombol “want” ini, Facebook akan menganggap halaman yang anda beri plugin ini sebagai produk, sesuai penjelasan diatas. Pengguna bisa meng-klik tombol ini jika ada di sebuah halaman web dan akan mendapatkan catatan tentang apa saja yang pengguna tersebut inginkan di dalam akun pengguna tersebut. Dengan ini pengguna dapat mengingat apa yang pernah ingin ia beli ketika berselancar di internet sehingga jika ada waktu dan uang mereka bisa menindaklanjutinya.

“Like” memang melekat kuat di Facebook, termasuk juga ikon jempol ke atas yang menjadi ciri khasnya. Untuk tombol “want” ini Facebook menginginkan ini sebagai pembeda karakteristik pengguna Facebook berdasarkan keinginan mereka. Dengan fitur tombol “want” yang disematkan pada halaman web yang berupa produk, pengguna dapat menandai keinginan mereka untuk membeli produk yang mereka sukai. Hal ini dapat membantu pengiklan dalam menentukan target pasarnya dan juga membantu Facebook dalam persaingan dengan perusahaan iklan yang lain, seperti Adwords dari Google, seperti yang dilansir oleh Inside Facebook.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *