Donasi Wikimedia 2011 mencapai $20 juta

Donasi Wikimedia 2011 mencapai $20 juta

Donasi Wikimedia 2011 mencapai $20 jutaBerita Teknologi. Wikimedia telah mengeluarkan laporan resmi jumlah total donasi yang mereka terima untuk kampanye penggalangan dana tahun 2011.

Dilansir dari TGDaily, menurut Eksekutif Wikimedia, Sue Gardner, tahun 2011 menjadi rekor tersendiri bagi Wikimedia, kampanye yang digalangkan untuk mendapatkan dana membuahkan hasil yang fantastis. Setiap tahun total donasi terus meningkat sejak dimulainya kampanye penggalangan dana tahun 2003 silam.

Sejak 2008, jumlah pendonasi telah meningkat sepuluh kali lipat, sementara jumlah donasi melonjak sampai lebih dari $20 juta dari $4,5 juta.

“Situs Wikimedia melayani lebih dari 470 juta orang perbulan. Ini adalah situs utama yang dukungan tidak berasal dari iklan melainkan dari pembaca,” kata Gardner.

“Model kami bekerja fantastis, orang menggunakan Wikipedia dan mereka suka itu, mereka ikut menyumbangkan uang tunai sehingga kami akan terus berkembang. Itulah cara mempertahankan kemerdekaan kita, dan kita hanya fokus pada penyediaan pelayanan publik yang berguna.”

Dana yang telah didapatkan dalam kampanye tersebut akan dipergunakan untuk membeli dan menginstal server dan perngkat keras lainnya untuk mendukung kinerja situs baru, memperluas layanan mobile, memberikan perlindungan hukum terhadap proyek, dan mendukung komunitas besar sukarelawan Wikimedia yang tersebar diseluruh dunia.

Dengan lebih dari 20 juta artikel dalam 282 bahasa, Wikipedia menjadi enslikopedia terbesar dalam sejarah manusia. Lebih dari 100 ribu pekerja sukarelawan di Wikipedia dan 10 proyek sejenis lainnya seperti Wikimedia Commons , Wikibooks dan Wiktionary, yang memajukan misi Wikimedia Foundation untuk bebas berbagi semua pengetahun manusia.

Facebook Comments

1 Comment

  1. herusularto

    dulu ane juga dpt permintaan donasi, tp ane nggak donasi, maklum, uang pas-pasan.
    $20M ? Lumayan juga tuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *