Di Kandang Sendiri Teknologi Internet Rusia Tak Terkalahkan

berita teknologi terbaru

Berita teknologi Terbaru. Tidak banyak yang diketahui mengenai di balik teknologi internet Rusia atau yang disebut dengan ‘Runet’, Runet sendiri merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan internet bahasa Rusia, kalau di Amerika ini mirip dengan Silicon Valley,
Perusahaan raksasa internet AS seperti google dan facebook juga telah hadir di Rusia, namun tidak seperti wilayah negara lain yang mereka masuki yang kemudian mereka dominasi, di rusia mereka gagal mendominasi. Di rusia yang lebih dominan adalah perusahaan dalam negeri baiuk itu layananan pencarian, jejaring sosial, media digital, dan juga layanan email.
Salah satunya adalah Yandex, yandex yang merupakan sebuah perusahaan Rusia didirikan pada tahun 1997, adalah mesin pencari paling populer di negara itu, dengan 64 persen per pangsa pasar, sedangkan Google tertinggal di urutan kedua.
Namun Yandex bukan hanya mendiakan layanan pencarian saja, ia juga seperti google yang juga menyediakan beberapa fasilitas bemanfaat lainnnya. seperti yandex map, yandex money (sistem pembayaran online), dan Yandex foto. Bukan hanya itu saja namun juga dihadirkan layanan pesan digital untuk kebutuhan pengguna di Rusia, seperti sebuah aplikasi di ponsel yang menunjukkan dimana lokasi sedang terjadi kemacetan di jalan-jalan yang sangat pada di Moskow dan sekitarnya.
Bahkan facebook yang tumbuh fenomenal secara global pun, bukan jejaring sosial terkenal di Rusia.
Mengapa layanan internet negara besar seperti amerika dan lainnya tidak bisa sepenuhnya mengalahkan layanan dalam negeri Rusia?
Berdasarkan info dari telegraph.co.uk, Arkady Volozh, chief executive Yandex’s, memberikan dua alasan: “Hambatan bahasa adalah alasan besar dan banyak perusahaan-perusahaan AS masih bermain mengejar ketinggalan di daerah ini. Dan ada alasan yang lebih besar – teknologi Rusia sama bagusnya. Yandex telah mampu untuk tetap terdepan dari Google, karena kualitas pencarian dan layanan penting lainnya. Orang-orang hanya akan berhenti menggunakan jika kualitas mulai menurun. Di Rusia, kami memiliki kemampuan teknologi yang kuat yang tidak boleh dirusak, “ia menjelaskan.
Kemampuan ini terbukti, ditambah dengan pembangunan Skolkovo, sebuah taman teknologi besar yang saat ini sedang dibangun di pinggiran Moskow, dengan dukungan penuh dari Presiden Rusia Medvedev.

berita teknologi terbaru

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *