Dampak positif jejaring sosial Facebook

dampak positif facebook

dampak positif facebook

Manusia adalah makhluk sosial yang selalu berusaha untuk berhubungan dengan orang lain. Jika manusia tidak berhubungan dengan manusia lain, maka kewarasannya dipertanyakan. Hal ini memang terbukti bahwa masing-masing individu manusia tidak bisa berdiri sendiri, selalu bergantung pada lingkungan di sekitarnya. Manusia selalu hidup berkelompok, baik dalam skala kecil maupun skala besar. Internet merupakan salah satu cara baru manusia berkomunikasi dengan manusia lain, utamanya melalui jejaring sosial. Kenapa disebut alat komunikasi? Karena dengan internet seseorang bisa mengirimkan apa yang menjadi isi otaknya kepada orang lain dan menerima balasan dari orang lain, baik secara tidak langsung seperti email atau secara langsung seperti chatting.

Beberapa dampak positif Facebook yang bisa dirasakan

Dalam jejaring sosial Facebook, seseorang dapat menjadi anggota dengan wajah yang terpampang beserta profil berupa nama lengkap dan lain sebagainya. Hal ini dapat memudahkan kita untuk mencari teman, baik teman baru maupun teman lama. Misalnya ketika kita sudah lulus sekolah menengah, biasanya akan terpisah-pisah. Kita menjadi tidak bertemu dalam jangka waktu yang lama dengan teman sekolah kita. Tentu kita sangat ingin bertemu dengan teman-teman kita tersebut. dengan adanya Facebook, maka kita tidak harus menunggu setahun sekali atau beberapa bulan untuk melakukan reuni. Selain itu, jika secara fisik memang ingin bertemu dan berkumpul, Facebook bisa menjadi sarana yang baik untuk menginformasikan berita tersebut, langsung kepada orangnya dan bisa dikonfirmasi apakah teman tersebut bisa datang atau tidak.

Selain dapat dijadikan sebagai sarana berkumpul dan menginformasikan berita, pengusaha juga merasakan dampak positif dari Facebook. Facebook dapat juga dijadikan lahan untuk berbisnis. Prinsip bisnis adalah dimana ada kerumunan orang, maka sesuatu pasti bisa dijual disitu. Sedangkan sudah sangat jelas bahwa Facebook adalah kumpulan orang. Banyak pebisnis baik kecil atau pemula yang memulai usahanya dari Facebook. Dengan Facebook anda tinggal mengupload foto dan memberikan deskripsi tentang barang yang anda jual. Semua foto tersimpan dalam folder foto anda, sangat rapi karena bisa dijadikan album untuk setiap kategori produk yang anda jual.

Calon pembeli pun juga dapat menikmatinya, hal ini dikarenakan kemudahan yang membuat pembeli tidak harus keluar rumah untuk membeli barang yang diinginkan. Terkadang dengan membeli secara online, orang lebih hemat tenaga, bahkan bisa dilakukan di malam hari, seusai kerja dimana orang sudah capek jika harus belanja di toko atau mall secara fisik. Namun dalam hal berbisnis di Facebook, penjual harus bersikap transparan dan jujur. Penjual harus menjaga kepercayaan pelanggan. Hal ini penting sekali karena penyalahgunaan kepercayaan ini akan merugikan kedua belah pihak.

Ada lagi keuntungan lain dari Facebook, yakni sebagai sarana promosi usaha warung makanan. Cara ini jitu karena sangat murah dalam hal biaya publikasinya. Penyebaran informasi juga dapat berjalan luas dan berjalan sendirinya seperti dari mulut ke mulut, hanya saja ini istilahnya menjadi dari dinding ke dinding. Hal ini dapat dimanfaatkan oleh pengusaha warung makan agar usaha kulinernya dapat berjalan baik dan sukses. Cara utama yang biasa diterapkan pemilik usaha kuliner adalah menawarkan diskon jika pembelinya melakukan update di jejaring sosial tentang warung kulinernya, terutama update di Facebook dan Twitter.

Demikian adalah beberapa dampak positif Facebook yang dapat kita rasakan bersama. Masih ada lanjutannya lho, tunggu artikel dampak positif jejaring sosial Facebook – bagian kedua, ya. (iwan)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *