Dampak positif Facebook tidak dapat dirasakan semua orang

dampak positif facebook yang

dampak positif facebook yang

Memang keberadaan Facebook sebagai suatu produk teknologi dirasakan oleh sebagian besar orang cukup bermanfaat. Dari sisi pertemanan yang makin meluas, bisnis dan jaringan yang meluas dan bertambahnya pendapatan karena media promosi Facebook. Namun sebenarnya ada juga yang tidak merasakan dampak positif Facebook. Ada banyak faktor yang menyebabkan hal ini terjadi, beberapa diantaranya akan kita ulas disini.

Hilangnya tanggung jawab pribadi

Facebook memang menjadi satu fenomena di dunia maya yang dampaknya sangat berpengaruh cepat terutama pada generasi muda yang terdiri dari mahasiswa dan pelajar. Namun Facebook bisa menjadi suatu hal yang merugikan jika penggunanya lupa akan tanggung jawab pribadinya terhadap lingkungan sosial dimana dia tinggal secara fisik. Beberapa pihak yang tidak cerdas dalam menggunakan fasilitas yang merupakan produk teknologi ini terjebak dalam efek negatif suatu alat. Terlalu asyik dan larut dalam petualangan dunia Facebook dapat membuat pelajar kehilangan selera belajar dan merosotnya nilai mata pelajaran di sekolah. Selain itu ekses negatif Facebook lainnya adalah hilangnya kesadaran untuk tetap beristirahat cukup sehingga dapat melaksanakan kewajiban-kewajiban di dunia nyata seperti ke sekolah dan kuliah.

Tidak memisahkan Facebook dengan dunia nyata

Beberapa waktu lalu kita sering dikejutkan dengan hilangnya pelajar, terutama wanita yang masih di bawah umur setelah berkenalan dengan orang-orang tak dikenal di Facebook. Pelajar tersebut membuat janji bertemu dengan mereka lalu tidak kembali lagi kerumah. Beberapa diantaranya ditemukan beberapa hari setelahnya atau ada yang tidak ketemu hingga sekarang. Ada juga yang mengaku diperkosa. Ini sungguh kabar yang tidak baik. Seharusnya sebagai pengguna Facebook tetap menyadari bahwa kita tidak boleh mempercayai siapapun di dunia maya. Kejadian ini membuktikan bahwa pengguna situs jejaring sosial Facebook masih belum sepenuhnya mengerti dan memahami aturan bermain dalam dunia maya. Di dunia maya, siapapun dapat menjadi apapun, oleh karena itu harus berhati-hati jika bertemu dengan orang yang dikenal di dunia maya.

Budaya narsisme memang menggoda banyak orang

Sebagian dari pengguna Facebook hanya menganggap bahwa itu adalah situs pertemanan biasa dan tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap gaya hidup mereka. Namun ternyata tidak demikian faktanya di lapangan. Facebook sangat berpengaruh terhadap gaya hidup si pemilik akun, terutama masalah kejiwaannya. Penulis memiliki seorang teman wanita yang dahulunya tidak suka sekali bersolek dan memotret dirinya. Suatu saat ia mencoba mengupload satu foto dirinya di Facebook. Ketika mendapatkan pujian dari banyak teman di Facebooknya, ia mulai berubah. Ia kini menjadi pesolek dan model narsis. Hampir setiap hari ada saja foto yang diuploadnya ke Facebook. Sudah ada ribuan foto di Facebooknya, entah itu dia sedang makan, sedang menunggu bis, sedang di kampus, dan lain sebagainya. Pribadinya berubah dari tertutup menjadi narsis dalam tempo semalam.

Tidak mengetahui penggunaan Facebook secara positif

Dampak positif Facebook memang tidak mendominasi perubahan gaya hidup seseorang,pada umumnya. Hal inilah yang menyebabkan dampak positif Facebook tidak diketahui banyak orang. Hanya segelintir orang saja yang mampu memanfaatkan Facebook secara positif dan mendapatkan keuntungan darinya. Ini sangat berbeda dengan kebanyakan orang yang menggunakannya secara asal-asalan saja. Atau bahkan hanya sekedar asal punya akun Facebook saja, biar dianggap keren. Facebook tidak digunakan sebagai lahan yang produktif dan positif. Padahal Facebook itu jika digunakan secara positif dengan porsi yang cukup dapat membuat hidup kita lebih berwarna. (iwan)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *