Cara Menguatkan Sinyal Wi-Fi Anda 4 hal ini

admin April 17, 2013 1


Cara Menguatkan Sinyal Wi-Fi

Wi-fi

Apakah anda pernah merasakan sinyal Wi-Fi yang putus-putus? Hal ini tentu menjadi pengalaman yang tidak menyenangkan. Jika anda mengalalami hal seperti ini, tidak lantas anda harus mengganti modem. Coba beberapa tips berikut ini terlebih dahulu. Jika berhasil, anda jadi tidak perlu membuang-buang uang untuk membeli modem baru.

  1. Tips pertama untuk meningkatkan sinyal Wi-Fi adalah dengan memusatkannya. Router mengeluarkan sinyal ke berbagai arah, sama seperti gerakan gelombang saat anda menyentuh permukaan air yang tenang. Namun jangkauan tersebut tidak selalu melingkar seperti itu. Jika ada objek pengganggu di sekelilingnya, seperti furniture, lampu, logam, dll, ini bisa menimbulkan gangguan pada sinyal tersebut. Penempatan router harus sangat diperhatikan. Jika anda meletakkannya di sisi rumah sebelah utara, maka sisi rumah sebelah selatan mungkin  tidak akan menerimanya. Justru tetangga yang bersebelahan dengan rumah bisa menikmati koneksi Wi-Fi tersebut. Oleh sebab itu, letakkan router di tengah rumah agar sinyal yang anda terima lebih kuat.
  2. Cara lain menguatkan sinyal Wi-Fi adalah dengan logam, yang paling mudah adalah dengan menggunakan kaleng minuman. Secara harafiah, anda tidak bisa meningkatkan kekuatan sinyal, ini berlaku untuk berbagai macam router. Namun anda bisa memakainya secara lebih efisien. Logam mampu memantulkan sinyal Wi-Fi dan kemampuan itu yang dibutuhkan disini. Anda bisa memakai kaleng bekas untuk memusatkan sinyal dari antena menuju laptop atau komputer. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menguliti kaleng minuman. Setelah anda mendapatkan logam berbentuk segi empat panjang, lengkungkan kulit kaleng tersebut 180 derajat lalu letakkan di sekitar modem.
  3. Cara lain yang bisa anda lakukan untuk menguatkan sinyal Wi-Fi adalah dengan mengganti saluran. Semua router bekerja pada batas-batas 802.11 dan bertransmisi pada panjang gelombang 2.4GHz. Namun model terbaru juga bekerja pada panjang gelombang 5GHz. Yang menjadi masalah adalah pada kebanyakan perangkat, seperti telepon nirkabel, headset, dll memakai spektrum 2.4 GHz. Dengan begitu banyak perangkat berjejal pada spetrum yang sama, itu pada akhirnya akan berakibat pada gangguan sinyal dan bandwith. Maka dari itu, daripada memaksakan perangkat untuk memakai spektrum yang sama, anda sebaiknya mengatur ulang saluran pada router. 2.4GHz band dibagi menjadi 13 saluran berbeda. Hanya saja saluran yang berdekatan bisa saling mengganggu antara satu sama lain. Maka dari itu, anda sebaiknya mengatur router pada saluran 1, 5, 9, atau 13. Jika tetangga anda memakai koneksi serupa, anda bisa memintanya memakai saluran yang berbeda. Dengan begini, sinyal Wi-Fi bisa dimanfaatkan secara lebih efisien.
  4. Mungkin cara termudah untuk menguatkan sinyal Wi-Fi adalah dengan mengupdate firmware dan driver. Coba cek perangkat anda pada website resminya. Jika anda menemukan update terbaru, langsung saja download karena ini bisa mempengaruhi koneksi secara signifikan.

Sekian informasi cara menguatkan sinyal Wi-Fi. Semoga bermanfaat untuk anda.

 

 

 

One Comment »

  1. csyah rulh April 22, 2013 at 3:18 pm -

    klo gk bsa, bgaimna

Leave A Response »