Cara mengirim teks lebih dari 160 kata di twitter

Cara mengirim teks lebih dari 160 kata di twitter

Twitter setiap harinya digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia. Ada yang mengirimkan pesan kepada kerabat, saudara atau teman dekat, namun juga ada yang hanya mengoceh tidak jelas. Di twitter kamu dapat menambahkan tautan ke halaman web, video, gambar atau materi apapun yang menurut kamu berguna. Tapi terkadang sulit untuk memastikan bahwa pesan yang kamu tulis kurang dari 140 karakter, dimana itu adalah batasan karakter maksimum yang diperbolehkan oleh twitter. Namun tenang saja, dimana ada niat, disitu ada jalan untuk mengakali batasan 140 kata dari twitter.

Cara mengirim teks lebih dari 160 kata di twitter

Bikin halaman web yang berisi pesan panjang.
Ini adalah metode paling mudah untuk menulis pesan panjang di twitter. Kamu dapat menggunakan banyak web service semacam pastebin dan yang lainnya untuk menulis pesan yang panjang sekali. Lalu kamu tweet tautan menuju halaman web kamu yang memuat pesan itu.

Pecah tweet kamu menjadi beberapa bagian.
Kamu juga bisa menulis pesan kamu menjadi beberapa bagian dengan menambahkan tag [1], [2] dan seterusnya untuk memudahkan teman kamu mengenali dan membaca bagian per bagian dari tweet kamu.

Gunakan singkatan yang umum.
Kamu bisa menggunakan singkatan untuk kata atau kalimat yang umum digunakan oleh masyarakat. Seperti “yang” disingkat jadi “yg”, “dengan” disingkat menjadi “dgn”. Gunakan juga singkatan dalam bahasa inggris yang sudah dikenal luas, seperti contohnya adalah CMIIW singkatan correct me if i’m wrong (benarkan jika saya salah) atau IMO singkatan dari in my opinion (menurut pendapat saya) dan semacamnya.

Gunakan tmi.me untuk memotong pesan.
Banyak layanan online yang memungkinkan kamu mengirim tweet yang panjang, salah satunya tmi.me. Dengan tmi.me sisa karakter setelah 130 karakter akan diisi dengan tautan menuju halaman tmi.me. Jika diklik maka akan tampil pesan kamu dalam keadaan utuh.

Menggunakan ekstensi firefox bernama shortxt.
Shortxt adalah addon untuk peramban Mozilla firefox yang memungkinkan kamu untuk tweet pesan lebih dari 140 karakter. Setelah kamu install add-on ini, kamu buka twitter dan tulis pesan kamu sepanjang yang kamu mau. Selesai menulis pesan, lalu klik kanan pada layar dan pilih “Twitzer Text”. Ini akan memotong pesan kamu dan menambahkan satu tautan ke dalam tweet kamu.

Namun sebenarnya twitter tidak didesain untuk mengirim pesan panjang. Dengan batasan 140 karakter tentu saja memancing kreatifitas kita dalam berkata-kata. Bahkan banyak juga pengguna twitter yang tidak suka dengan pesan yang panjang dan bersambung dengan tautan. Ada juga yang tidak suka pesan bersambung karena mereka harus membacanya terbalik.

Namun apapun itu adalah keputusan kamu. Namun disini aku sarankan untuk tidak menggunakan pesan panjang di twitter karena akan membuat kamu tampak bodoh, seperti membuang sampah tidak pada tempatnya. Jika ingin panjang-panjang, ada jejaring sosial lain yang cocok untuk ini yakni Google+ dan Facebook. Kedua jejaring sosial ini bisa menampung tulisan anda yang bahkan sepanjang novel sekalipun. Itu sih kalau ada yang mau membaca. :) (Iwan)

Facebook Comments

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *