Beberapa manfaat jaringan Internet bagi kehidupan

admin August 29, 2012 5


manfaat jaringan internet

Manfaat jaringan internet

Dewasa ini, jaringan internet tidak lagi sulit ditemukan di banyak tempat. Di kota dan di desa, internet sudah dapat diakses dengan baik, hanya kecepatannya saja yang berbeda. Apalagi jika kita berada di wilayah ruang publik sudah banyak yang dilengkapi fasilitas jaringan internet. Pada ruang publik, umumnya jaringan internet diwujudkan dalam bentuk tanpa kabel atau wireless. Proses media pancarnya menggunakan protokol WiFi dan seringkali disebut dengan area hot spot. Hal ini mengakibatkan perkembangan internet berjalan dengan sangat cepat. Jaringan internet saat ini bukan lagi menjadi monopoli kalangan tertentu seperti kantor atau warnet. Bahkan dengan bantuan modem EVDO atau HSDPA dengan tarif kurang dari seratus ribu, kita dapat menikmati internet sendiri dimana saja dan kapan saja selama satu bulan penuh.

Dengan adanya internet, dunia menjadi sebauh wilayah yang tanpa sekat ruang. Segala sesuatu bisa dilakukan dalam waktu bersamaan di internet dalam jangka waktu yang sama meskipun terpisah jarak yang cukup jauh. Hal inilah yang menyebabkan internet telah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian masyarakat, khususnya di negara-negara maju, bahkan juga di Indonesia kita tercinta. Semua sektor aktivitas bisa dikatakan membutuhkan jaringan internet untuk mendukung kegiatan mereka. Sektor ini mulai dari swasta, pendidikan hingga pemerintahan, dimana mereka sangat membutuhkan jaringan internet sebagai akses komunikasi. Dengan internet maka koordinasi dan komunikasi dapat berjalan dengan baik dan lebih efektif.

Manfaat internet di dunia kerja

Internet juga merubah pola kerja yang sebelumnya masih bersifat konvensional. Dalam sektor swasta, hal ini dapat dilihat dengan jelas. Beberapa kantor yang berada di kota besar telah menciptakan sistem baru bagi karyawan mereka dengan memanfaatkan internet. Salah satunya adalah dengan adanya sistem kerja yang disebut dengan telecommuter yang mana proses pekerjaan seseorang dipindahkan dari kantor ke tempat tinggal karyawan. Dengan hal ini maka karyawan tidak perlu berangkat ke kantor untuk menyelesaikan tugas. Cukup dikerjakan di rumah dan dikirimkan dengan media internet, maka pekerjaan kantor dapat terselesaikan.

Kelebihan sistem kerja ini sangat banyak, tentu saja untuk kedua belah pihak. Bagi karyawan keuntungannya adalah tidak perlu melakukan perjalanan menghabiskan waktu untuk ke kantor, ditambah lagi jika ada kemacetan saat berangkat dan pulang kantor. Dengan demikian energi dan waktu tidak habis di perjalanan. Keuntungan lainnya adalah karyawan menjadi lebih banyak waktu berinteraksi keluarga. Sedangkan bagi perusahaan, konsep pola kerja ini dengan memanfaatkan jaringan internet antara lain adalah tidak perlu memikirkan masalah tempat kerja bagi karyawan dan resiko penurunan kualitas kerja karyawan karena diakibatkan oleh stres perjalanan.

Biaya operasional bisa ditekan karena kantor hanya digunakan untuk pekerjaan yang membutuhkan penanganan fisik, seperti pelayanan pelanggan dan pelayanan produk. Kebutuhan alat kantor pun dapat ditekan karena sistem kerja berbasis tanpa kertas dan alat tulis fisik. Secara sosial kemasyarakatan, sistem ini memiliki dampak positif. Salah satunya adalah mengurangi angka kepadatan di jalan, terutama pada jam sibuk. Secara psikologis hal ini akan berdampak pada angka stres pekerja dan masyarakat yang menjadikan hidup menjadi lebih sehat. Polusi udara dapat dikurangi karena jumlah kendaraan di jalan berkurang. Seperti yang kiat tahu selama ini pencemaran udara paling banyak disebabkan oleh kendaraan bermotor, terutama pada jam berangkat dan pulang kantor. Nah, dengan semua manfaat ini, apakah anda berminat menerapkan telecommuter? Cobalah kaji lebih lanjut dan berkonsultasi pada ahlinya. (iwan)

 

5 Comments »

  1. lidya February 5, 2013 at 1:19 pm -

    biasa aj

  2. Toko komputer January 30, 2013 at 4:28 pm -

    trima ksih tuk ilmu’a gan….
    sukses slalu tuk agan..

  3. Murtiweb.com September 17, 2012 at 8:37 am -

    Good, Thanks Infonya

  4. Murtiweb.com September 17, 2012 at 8:32 am -

    Good, Thanks infonya. salam kenal

  5. maman abdurrahman August 30, 2012 at 8:19 pm -

    Gooooood……….

Leave A Response »